Pilih Rasa Tempat Atau Fasilitas Ya Untuk Menarik Konsumen Coffee Shop

Sabtu, 4 Maret 2023 | 08:00 WIB

Ilustasi Coffee Shop (Kumparan.com)

LINK UMKM -  Banyak toko kopi menjamur di sana-sini, dari tengah kota sampai pinggir kota Sobat LinkUMKM dapat dengan mudah menemukan toko kopi dengan mudahnya. Tapi jika diperhatikan lebih, tidak semua toko kopi/coffee shop selalu ramai, ada yang sepi pula. Hal ini banyak sekali faktor yang mempengaruhinya, seperti rasa kopi, tempat yang nyaman dan mudah dijangkau, ataupun fasilitas yang ada di toko kopi. Coffee shop  harus bisa memaksimalkan keuntungan-keuntungan tersebut. 

Rasa kopi yang khas dan enak dinikmati jadi faktor yang mempengaruhi pertama. Indonesia jadi salah satu surga pecinta kopi hingga mancanegara. Ada dua jenis biji kopi yang biasa digunakan coffee shop dalam membuat minuman kopi yaitu biji kopi arabika dan robusta. Rasa kopi arabika yang manis dan ringan ketika dikonsumsi jadi pilihan. Kadar kafein yang rendah tetapi kadar gula, asiditi dan harga yang lebih tinggi jadi pertimbangan. Kopi robusta berbeda dari arabika. Rasanya cenderung pahit karena kandungan kafein yang lebih tinggi. Biji kopi robusta memiliki kadar gula dan asiditi yang jauh lebih rendah dari arabika. 

Tempat kopi harus diperhatikan pula ketika akan membangun bisnis coffee shop. Tempat kopi harus mudah dijangkau oleh konsumen. Tempat yang mudah dijangkau dan mudah transportasi serta dekat perumahan jadi poin penting coffee shop. Coffee shop akan lebih mudah diakses dan akan lebih sering dikunjungi oleh konsumen.

Fasilitas, apa saja yang dibutuhkan oleh konsumen coffee shop sebisa mungkin sudah disediakan oleh toko. Fasilitas seperti kamar mandi, tempat ibadah, dan lainnya yang mendukung konsumen agar nyaman berkunjung. Dilansir dari kumparan.com desain interior juga mempengaruhi kenyamanan dan pengalaman pengunjung. Contohnya kedai yang sempit bisa terkesan lebih luas bila menggunakan pilihan warna yang tepat. Warna juga menjadikan suasana hati pengunjung lebih baik. Poin lainnya yaitu interior harus unik, khas dan fotoable. Dengan interior yang ciamik pengunjung akan lebih sering foto dan memposting di akun media sosialnya, ini jadi keuntungan sendiri bagi coffee shop karena mendapatkan promosi secara gratis. Disediakan pula 2 fasilitas untuk pengunjung yaitu indoor dan outdoor, indoor menggunakan pendingin ruangan/AC untuk udara yang sejuk dan dingin. dan outdoor untuk pengunjung yang ingin merasakan udara alami dan bebas. 

Pilih rasa, tempat atau fasilitas jadi hal yang cukup sulit untuk coffee shop merealisasikan semuanya. Tetapi akan lebih baik jika coffee shop dapat dimiliki semua hal tersebut. Semoga dapat membantu coffee shop Sobat LinkUMKM dapat berkembang.

***

GN/PTH

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1347 seconds