Suka Makan Cumi Ini Dia Tahapan Menghilangkan Bau Amisnya

Jumat, 24 Februari 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Olahan Cumi (Kumparan.com)

LINK UMKM -  Cumi-cumi salah satu hewan laut yang enak diolah jadi bahan makanan, bisa di cumi tongseng, cumi balado, cumi rica, bahkan digoreng pun sudah sangat nikmat apalagi disantap bersama sambal dan nasi panas. Tapi bau amis cumi kadang mengganggu nikmatnya makan. Sobat LinkUMKM tidak perlu khawatir sekarang karena berikut cara membersihkan cumi-cumi yang benar agar tidak amis dilansir dari tempo.com

 

  1. Potong bagian kepala cumi

Untuk membersihkan kepala, bisa memisahkan bagian kepala cumi terlebih dahulu dari badannya. Caranya, pegang bagian ekor lalu tarik kepala cumi dengan tangan lain secara perlahan dan tidak buru-buru agar kantung cumi tidak pecah.

  1. Buang kantung tinta cumi

Kantong tinta cumi berada di garis depan dengan organ dalam cumi. Tarik kantung yang terlihat dengan pelan kemudian buang. Jika kantung tinta pecah jangan panik, cukup bersihkan di air mengalir hingga tintanya hilang.

  1. Buang paruh dan tulang rawan

Kemudian melepas bagian paruh dan tulang rawan cumi. Bentuk tulang rawannya tipis dan transparan seperti pecahan kaca. Caranya tinggal di tarik keluar menggunakan jari.

  1. Hilangkan membran cumi

Membran cumi adalah bagian kulit cumim yang berwarna gelap, serta biasanya berbintik. Caranya mudah, tinggal melepaskan bagian kulit dengan tangan.

  1. Buang gigi cumi-cumi

Membuang gigi terlebih dahulu. Bagian ini sering terlewat karena umumnya kecil dan berwarna hitam. Membuangnya cukup menekan bagian gigi cumi secara perlahan secara memutar kemudian lepaskan.

  1. Bersihkan dengan air mengalir

Setelah itu cuci di air mengalir hingga bersih. Lihat kembali apakah masih ada tinta atau bagian organ dalam yang masih tertinggal atau tidak.

  1. Hilangkan bau amis

Jika tidak suka bau cumi bisa menghilangkan bau amisnya dengan berbagai cara. salah satunya bisa dengan mengoleskan menggunakan asam jawa. Jika tidak punya bisa menghilangkan bau amis dengan membaluri dengan perasan lemon

***

GN/PTH

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1417 seconds