Pengendalian Hama Tikus di Sawah

Sabtu, 4 Februari 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Hama di Sawah (Freepik/nikitabuida)

LINK UMKM -  Pengendalian hama tikus di sawah merupakan hal yang sangat penting bagi para petani untuk menjaga hasil produksinya. Tikus adalah hama yang sangat merugikan bagi tanaman padi karena mereka dapat memakan akar dan daun padi, sehingga mengurangi produksi dan kualitas hasil panen. Oleh karena itu, pengendalian hama tikus harus dilakukan dengan baik dan tepat agar hasil produksi tidak terpengaruh negatif.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengendalikan hama tikus di sawah, diantaranya adalah dengan menggunakan metode alami dan metode kemih. Metode alami melibatkan penggunaan predator alami seperti burung hantu, ular, dan tupai sebagai penghambat tikus. Sedangkan, metode kemih adalah dengan menggunakan obat-obatan kimia seperti racun tikus.

Untuk pengendalian hama tikus dengan metode alami, petani harus memfasilitasi lingkungan yang baik bagi predator alami tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan tempat berteduh dan makan bagi predator, serta menghindari membunuh predator alami. Dengan demikian, predator alami akan membantu mengendalikan populasi tikus yang ada di sawah.

Sedangkan untuk pengendalian hama tikus dengan metode kemih, petani harus berkonsultasi dengan ahli pestisida untuk menentukan jenis racun yang sesuai dan cara penggunaannya. Penggunaan racun harus dilakukan dengan benar agar hasilnya maksimal dan tidak membahayakan lingkungan. Petani juga harus memperhatikan dosis yang tepat dan waktu penggunaan racun agar hasilnya efektif dan tidak membahayakan tanaman.

Pengendalian hama tikus juga dapat dilakukan dengan mengatur sistem pertanaman. Cara ini melibatkan penanaman padi dengan jarak yang rapat dan mengurangi beberapa tumbuhan lain yang tidak diinginkan seperti rumput liar dan pohon-pohon yang dapat menjadi tempat tinggal bagi tikus. Hal ini dapat membuat tikus kesulitan untuk memasuki sawah dan mengonsumsi tanaman padi.

Penting untuk diingat bahwa pengendalian hama tikus tidak hanya dilakukan pada saat musim tanam, tetapi juga harus dilakukan secara terus menerus selama masa pertumbuhan tanaman.

***

GN/FF

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1405 seconds