Alternatif Unik Pembuatan Pupuk Terbuat dari Tinja

Minggu, 5 Februari 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi pupuk kulit pisang (Freepik/jcomp)

LINK UMKM -  Kesulitan petani untuk mendapatkan pupuk akibat kelangkaan maupun tingginya harga pupuk di pasaran, seringkali menyebabkan petani memilih beralih profesi dari bidang agraris ke perdagangan. Padahal dengan potensi sumber daya alam serta wilayah geografis yang sangat luas, Indonesia telah terbukti pernah menjadi negara swasembada pangan.

          Sobat UMKM Brilian tau ngga sih, kotoran manusia atau human excreta menjadi salah satu alternatif yang masih belum dilirik masyarakat, yaitu untuk dijadikan bahan baku pupuk organik yang berkualitas. Selain itu kotoran manusia juga dapat menghasilkan energi alternatif yang terbarukan berupa biogas. Menurut Direktur Pusat Studi Lingkungan Universitas Surabaya, Yunus Fransiscus, keberadaan limbah maupun sampah rumah tangga harus dapat dipahami oleh masyarakat sebagai sumber daya yang dapat menghasilkan keuntungan ekonomi, sekaligus kebaikan bagi lingkungan.

          Seringkali kita jumpai bahwa pupuk organik itu hanya berkaitan dengan pupuk kandang, pupuk hijau, pupuk kompos serta pupuk hayati organik. Tak terpikirkan bahwa kotoran kita sendiri juga ternyata bisa dijadikan sebagai pupuk. Namun sebelumnya kita kenal terlebih dahulu apa itu pupuk organik dan ada apa aja sih yang di dalam kotoran manusia?

          Pupuk organik dibagi menjadi 2 bagian yaitu, pupuk organik cair dan pupuk organik padat. Pupuk organik cair berupa larutan yang dibutuhkan tanaman dan mudah larut, kebutuhan pupuk cair mampu memberikan unsur hara sesuai kebutuhan tanaman. Sedangkan pupuk organik padat adalah pupuk yang sebagian besar terdiri atas bahan organik yang berasal dari sisa tanaman, kotoran hewan serta manusia.

          Nah, kotoran manusia ternyata dapat meningkatkan kemampuan tanah mengikat air, meningkatkan unsur hara serta juga menyuburkan tanaman. Hasil dari feses warna tumbuhannya juga lebih hijau dan segar, sudah banyak penelitian yang mencoba membandingkan penggunaan perlakuan pupuk A, pupuk B, dan pupuk kotoran manusia pada tanaman bunga, ternyata hasil yang didapati bahwa tanaman yang lebih hijau, segar dan cantik tumbuh pada perlakuan yang menggunakan pupuk dari kotoran manusia.

Oh iya.. di era sekarang uang sangatlah diperlukan, manusia juga sudah sangat pintar, dalam hal ini apapun bisa dijadikan uang, termasuk kotoran manusia juga lho. Selain menjadikan tanaman tumbuh dengan subur, pupuk tersebut juga bisa dijual meski dengan harga yang relatif murah.

***

GN/FF

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1318 seconds