Manfaat Eco Enzyme yang Harus Anda Tahu

Minggu, 5 Februari 2023 | 00:00 WIB

Ilustrasi Bahan Eco Enzyme (Freepik/Freepik)

LINK UMKM -  

Apakah Anda pernah mendengar istilah eco enzyme? Eco enzyme adalah salah satu produk dari sisa organik yang memiliki banyak manfaat. Eco enzyme pertama kali diperkenalkan oleh Dr. Rosukon Poompanvong yang merupakan pendiri Asosiasi Pertanian Organik Thailand.

          Tujuan dari proyek ini adalah untuk mengolah enzim dari sampah organik yang biasanya dibuang ke dalam tong sampah menjadi pembersih organik, atau sebagai pupuk alami dan pestisida yang efektif. Jadi, eco enzyme ini adalah hasil dari fermentasi limbah dapur organik semisal ampas buah dan sayuran, gula (gula coklat, gula merah atau gula tebu), dan juga air.

          Eco enzyme memiliki warna cokelat gelap dan memiliki aroma fermentasi asam manis yang cukup kuat. Yuk, pahami lebih lanjut mengenai eco enzyme dan cara membuatnya di rumah yang dilansir dari orami.co.id berikut ini!

Manfaat Membuat Eco Enzyme di Rumah

          Tak bisa dimungkiri lagi bahwa eco enzyme ini memiliki segudang manfaat. Cairan ini adalah cairan serbaguna yang bisa dimanfaatkan untuk bersih-bersih rumah, deterjen, pertanian, hingga hewan ternak.

Berikut ini manfaat dan cara penggunaan eco enzyme:

1. Cairan Pembersih Serbaguna

Anda bisa menggunakan cairan eco enzyme untuk membersihkan seluruh rumah, baju, bahkan untuk mencuci sayur dan buah juga. Anda juga bisa siapkan larutan campuran eco enzyme dan air setiap kali pakai atau dengan maksimal waktu penyimpanan 7 hari. Perlu dicatat, penyimpanan lebih dari 7 hari akan menyebabkan bakteri yang ada pada air tumbuh dan merusak larutan pembersih.

2. Pupuk Tanaman

Selain untuk bersih-bersih, eco enzyme juga cocok untuk kamu yang hobi berkebun. Ini berguna untuk pupuk tanaman karena ia bisa menyuburkan tanah dan tanaman, menghilangkan hama, dan meningkatkan kualitas dan rasa buah dan sayuran.

Kamu bisa mencampurkan 30 ml eco enzyme ke dalam 2 liter air. Kemudian, masukkan campuran larutan air dan eco enzyme ini ke dalam botol semprot. Semprotkan ke tanah di sekitar tanaman atau langsung ke tanaman jika ia terkontaminasi oleh hama.

Namun, hindari menggunakan 100 persen larutan eco enzyme ke tanah atau tanaman. Hal ini akan membuat tanah menjadi asam dan bahkan bisa “membakar” tanaman dari dalam.

3. Pengusir Hama

Eco enzyme efektif untuk mengusir hama tanaman, seperti anggrek dan sayur-sayuran bahkan hama atau hewan yang kerap mengganggu di sekitar rumah.Misalnya kecoa, semut, lalat, nyamuk, dan serangga lainnya. Kamu bisa mencampurkan 15 ml eco enzyme ke dalam 500 ml air. Kemudian, masukkan campuran larutan air dan eco enzyme ini ke dalam botol semprot dan semprotkan ke area yang Anda targetkan.

4. Melestarikan Lingkungan

Larutan pembersih komersial yang ada sekarang kerap kali mengandung berbagai jenis senyawa kimia seperti fosfat, nitrat, amonia, klorin dan senyawa lain. Mereka berpotensi mencemari udara, tanah, air tanah, sungai, dan laut.

Penggunaan cairan organik ini sebagai larutan pembersih alami berkontribusi menjaga lingkungan. Para ahli mengklaim, 1 liter larutan cairan organik ini bisa membersihkan hingga 1000 liter air sungai yang tercemar. Jadi, setiap kali kamu selesai bersih-bersih atau mencuci baju dengan menggunakan eco enzyme, kamu telah berkontribusi dalam pelestarian lingkungan di sekitar.

5. Hemat

Dengan mengubah sampah dapur menjadi pembersih rumah tangga alami. Ini akan membuat kamu hemat dan tidak perlu lagi membeli produk pembersih tersebut.

6. Penyaring Udara

Dalam proses pembuatan eco enzyme ini, maka Anda secara tidak langsung membantu membersihkan udara dari racun, polusi, dan menghilangkan bau.

***

GN/BS

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.142 seconds