Memutihkan Wajah dengan Bahan Alami

Kamis, 19 Januari 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi mencuci muka (Freepik/Drazen Zigic)

LINK UMKM -  Wajah yang terlihat kusam dan tidak bercahaya membuat sebagian orang terutama kaum wanita menjadi kurang percaya diri.  Wajah yang bersih, cerah dan tampak merona menjadi dambaan banyak orang. Untuk mendapatkan kulit yang cerah biasanya orang lebih menyukai cara instan yang cepat. Caranya itu dengan memakai produk kecantikan seperti sabun wajah, pelembab, bedak dan sebagainya. Sayangya produk kecantikan itu tidak murah, orang-orang harus mengeluarkan uang lebih dalam membeli produk kecantikan.

 

Alternatif lain selain produk kecantikan, di sekeliling kamu banyak sekali bahan-bahan alami yang dapat membantu mendapatkan wajah yang cerah, bersih dan merona. Melansir dari kompas.com berikut cara memutihkan wajah secara alami dan didukung oleh penelitian ilmiah:

 1. Masker tomat

Mengandung vitamin C yang dapat memutihkan wajah secara alami. Saat dioleskan, vitamin C mempercepat produksi kolagen yang membantu menjaga kulit tetap kenyal dan kencang. Lalu menghambat produksi melanin di kulit sehingga membantu meringankan hiperpigmentasi dan bintik2 coklat. Selain itu mengurangi kerusakan akibat paparan sinar UV. Cara penggunaannya cukup dengan membuat masker dengan mencampurkan tomat matang dengan 1 sendok makan madu, kemudian campur dan oleskan pada wajah, tunggu 15 menit.

2. Air perasan lemon

lemon biasanya mengandung antara lima hingga delapan persen asam sitrat dan memiliki pH sekitar 2,3 sehingga membuatnya sangat asam. Karena keasaman yang tinggi, air perasan lemon hanya boleh digunakan untuk konsentrasi yang rendah, untuk menghindari iritasi kulit dan kekeringan berlebihan. Caranya tambahkan beberapa tetes air perasan lemon ke pelembab atau toner sebagai cairan pemutih wajah secara alami.

3. Masker kunyit

Penelitian dalam “Advances in Experimental Medicine and Biology” menjelaskan, kurkumin dalam kunyit berfungsi untuk melindungi kulit dengan memadamkan radikal bebas dan mengurangi peradangan melalui penghambatan faktor nuklir-KB. Untuk membuat masker kunyit, cukup campurkan secangkir yogurt tawar dengan satu sendok teh kunyit. Oleskan lapisan merata pada kulit, biarkan selama 10 hingga 20 menit, lalu bersihkan dengan air hangat.

4. Masker madu

madu mentah membantu menyeimbangkan bakteri pada kulit, menjadikan produk sebagai produk anti jerawat dan terbukti secara signifikan untuk anti-jerawat. Para peneliti menyimpulkan, madu memiliki sifat pengelupasan sehingga menggunakannya pada wajah dapat menghilangkan sel-sel kulit mati yang membuat kulit Anda terlihat kusam dan memutihkan wajah secara alami. Cara membuat masker madu dimulai dengan memeras lemon ke dalam mangkuk lalu tambahkan madu dan aduk rata. Dengan menggunakan kuas, aplikasikan ke wajah dan leher. Diamkan sekitar lima menit lalu cuci bersih dengan air biasa. Ulangi ini dua kali seminggu untuk hasil terbaik.

5. Kopi

bubuk kopi ali dapat digunakan untuk mengeksfoliasi wajah supaya tampak cerah. Para peneliti menyimpulkan, madu memiliki sifat pengelupasan sehingga menggunakannya pada wajah dapat menghilangkan sel-sel kulit mati yang membuat kulit Anda terlihat kusam dan memutihkan wajah secara alami. Cara membuat masker madu dimulai dengan memeras lemon ke dalam mangkuk lalu tambahkan madu dan aduk rata. Dengan menggunakan kuas, aplikasikan ke wajah dan leher. Diamkan sekitar lima menit lalu cuci bersih dengan air biasa. Ulangi ini dua kali seminggu untuk hasil terbaik.

***

GN/PTH

Komentar (1)

  • Zaenal Arief

    30 Januari 2023 | 11:29:25 WIB

    Mau dong jadi putih

    1 tahun lalu

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1326 seconds