4 Alasan Pentingnya Manajemen Keuangan untuk Bisnis

Selasa, 24 Januari 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi 4 Alasan Pentingnya Manajemen Keuangan untuk Bisnis (freepik/pressfoto)

LINK UMKM -  Manajemen keuangan adalah salah satu faktor penting dalam menentukan kesuksesan sebuah bisnis, karena manajemen keuangan memiliki peranan yang besar dalam mempengaruhi semua aspek bisnis. Apabila ada kesalahan dalam pengelolaan keuangan maka suatu bisnis bisa terkena risikonya. Oleh sebab itu, keuangan pun perlu dipantau dengan baik maka biasanya laporan keuangan selalu disediakan dalam beberapa periode.

Melalui pengaturan keuangan dengan baik, perusahaan bisa merencanakan bisnisnya secara optimal.  Manajemen keuangan membantu kamu untuk mengukur dan menjaga agar kondisi keuangan suatu bisnis tetap sehat. Baik itu bisnis skala besar maupun skala kecil, semuanya perlu menerapkan manajemen keuangan secara baik. Berikut ini ada 4 alasan penting mengapa kamu perlu memperhatikan penerapan manajemen keuangan dalam bisnis :

  1. Mengatur Arus Kas

Manajemen keuangan dapat membantu kamu dalam mengatur arus kas operasional bisnis dengan membandingkan utang dan piutang yang akan jatuh tempo. Kamu dapat mengatur kelancaran arus kas masuk dan keluar. Hal ini akan membuat Anda tetap memiliki kas yang cukup untuk menjalankan operasional bisnis. Arus kas yang lancar adalah target yang perlu perusahaan penuhi setiap saat. Dengan lancarnya arus kas, perusahaan jadi bisa memenuhi seluruh kewajiban jangka pendeknya. Hal ini pun akan berpengaruh terhadap kegiatan operasional perusahaan secara keseluruhan.

  1. Pengarsipan, Pelaporan, dan Pembayaran Pajak

Pemerintah akan selalu ada untuk mengumpulkan pajak dari setiap jenis perusahaan. Fungsi dari manajemen keuangan salah satunya untuk merencanakan dan membayar pajak perusahaan secara tepat waktu.

  1. Menekan Biaya

Manajemen keuangan dapat membantu kamu dalam menekan biaya pengeluaran. kamu dapat menghemat tagihan listrik dengan mengurangi penggunaannya, hal ini mungkin akan mengurangi jumlah karyawan demi efisiensi, kamu juga dapat bernegosiasi dengan vendor untuk meminta harga yang lebih rendah, dan sebagainya. Dengan demikian, kamu bisa menghemat pengeluaran untuk kepentingan lainnya.

  1. Menilai Kelayakan Investasi

Perusahaan mungkin menerima permintaan untuk menjadi investor di perusahaan lain. Demikian juga, perusahaan mungkin mencari investor atau ingin menginvestasikan uang mereka di saham atau kembali ke bisnis. Dalam hal ini, semua keputusan penilaiannya akan diserahkan kepada manajer keuangan yang telah melakukan penelitian tentang keuangan internal bisnis maupun calon mitra bisnis. Dari penilaian tersebut, bagian eksekutif akan memberi keputusan untuk menyetujui atau menolak investasi berdasarkan rencana dan kemampuan keuangan serta kebijakan yang digunakan oleh perusahaan.

LinkUMKM mempunyai fitur yang bisa membantu kamu dalam memanajemen keuangan melalui fitur Keuanganku. Fungsi dari fitur ini adalah sebagai alat pencatatan keuangan sederhana secara digital dan semua menu yang ada di fitur ini dibuat semudah mungkin agar bisa digunakan oleh para UMKM di Indonesia. Beberapa menu utama yang ada di fitur keuanganku yaitu Pencatatan Transaksi, Laporan Keuangan dan Mengcek Stok Barang/Aset Tetap.

***

GN/LMP

Komentar (0)