Bahan Alami ini Ampuh Bersihkan Kerak Membandel

Senin, 23 Januari 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi sedang membersihkan kerak (Freepik/user15285612)

LINK UMKM -  Seiring berjalannya waktu, ubin di kamar mandi akan menjadi berkerak dan licin akibat berbagai paparan noda dan kotoran. Agar bisa terus bersih dan nyaman, sekaligus mempertahankan keindahan tampilan yang ubin, mau tak mau ubin kamar mandi harus rutin dibersihkan.

Namun, ketika merasa lelah untuk rutin membersihkan ubin kamar mandi, untungnya ada cara pembersihan yang terasa memudahkan. Lantai kamar mandi yang kotor, licin, dan berkerak tentu saja tidak bisa dibiarkan karena menimbulkan ketidaknyamanan.

Selain itu, tempatnya yang lembab membuat kamar mandi mudah jadi sarang bakteri, kuman, maupun penyakit. Untuk itu, membersihkan kamar mandi ada baiknya menjadi agenda rutin kita yang tidak boleh terlewatkan.

Biasanya kita akan membersihkan kamar mandi menggunakan larutan pembersih. Namun, ternyata ada bahan alami yang bisa kita gunakan untuk membersihkannya, lho.

Penasaran? Yuk, kita cari tahu bersama dari artikel yang telah dirangkum oleh LinkUKMM berikut ini:

  1. Cuka

Cuka jauh lebih dari sekadar bumbu masakan. Cuka, bisa kita jadikan untuk menghilangkan noda atau kerak di kamar mandi. Cuka jadi bahan asam alami yang berfungsi membantu melarutkan endapan mineral air keras yang bisa menyebabkan noda dan penumpukan membandel di kamar mandi. Nah, untuk noda yang membandel hingga menimbulkan kerak, teman-teman bisa gosok dengan cuka, ya. Caranya cukup mudah, tuangkan sekitar satu cangkir cuka ke dalam mangkuk. Teman-teman bisa membiarkannya selama sepuluh menit hingga satu jam. Jika sudah, teman-teman tinggal gosok dan bilas. Kerak di kamar mandi akan hilang.

  1. Jeruk Bali

Jeruk bali juga bisa teman-teman jadikan pilihan untuk membersihkan kerak kamar mandi. Teman-teman cukup taburkan garam kasar, kemudian gunakan irisan jeruk bali untuk menggosok bak dan sekitar saluran pembuangan. Diamkan selama sepuluh hingga lima belas menit, ya. Jika sudah, teman-teman bisa bilas dengan air hangat. Selain bersih dari kerak, kamar mandi teman-teman juga akan berbau harum.

  1. Baking Soda

Baking soda jadi salah satu bahan paling ampuh untuk membersihkan kerak di kamar mandi. Tak hanya itu, baking soda juga mampu menghilangkan warna kuning yang mulai muncul di keramik kamar mandi. Caranya cukup mudah, teman-teman bisa menambahkan satu cangkir baking soda ke permukaan yang berkerak. Jika sudah, diamkan beberapa menit yakni sekitar 15 hingga 30 menit. Apabila dirasa sudah cukup, teman-teman bisa menyikat dan menyiramnya dengan air mendidih hingga bersih.

  1. Sumpit dan Sikat Gigi

Ketika kerak di kamar mandi teman-teman berada di area sulit terjangkau, sumpit dan sikat gigi bisa jadi pilihan. Sebab, sumpit dan sikat gigi yang memiliki ukuran kecil ini bisa menjangkau area-area tersembunyi yang sulit dijangkau dengan alat pembersih ukuran besar. Celah-celah sempit hingga garis nat yang tipis sangat sulit dijangkau. Untuk itu, Anda bisa bungkus dengan lap di bagian luar sumpit atau sikat gigi. Ini akan membantu membersihkan area yang tidak terjangkau.

  1. Perasan Lemon

Menjadi bahan alami terakhir, perasan lemon juga dipercaya ampuh untuk membersihkan kerak kamar mandi. Ini karena lemon mengandung kandungan asam yang tinggi. Caranya cukup mudah, teman-teman iris terlebih dahulu buah lemon. Setelah itu oleskan buah secara merata ke bagian yang berkerak. Mendiamkannya selama kurang lebih dua hingga tiga jam. Setelah dirasa cukup, teman-teman bisa menggosoknya dengan kain lap atau sikat berbahan keras.

***

GN/FF

Komentar (1)

  • Zaenal Arief

    30 Januari 2023 | 11:28:23 WIB

    Terimakasih tipsnya langsung saya praktekan dan ampuh

    1 tahun lalu

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1316 seconds