Ini Dia Tips Menghilangkan Bau Amis Ikan

Senin, 18 September 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Ikan (Freepik/dashu83)

LINK UMKM -  Halo Sobat LinkUMKM Brilian, siapa nih yang suka makan ikan? Apalagi kalau ikan diolah jadi masakan yang lezat. Tapi biasanya bau amis ikan ini sangat mengganggu, bau amis ikan cukup sulit dihilangkan jika tidak pandai caranya. Nah untuk itu jangan khawatir sobat LinkUMKM karena ada beberapa tips menghilangkan bau amis ikan yang mengganggu:

 

Dilansir dari idntimes.com 7 Tips menghilangkan bau amis pada ikan, pakai bahan alami.

1. Jeruk lemon dan garam

Perasan jeruk dan garam sangat ampuh menetralisir bau amis yang ada pada ikan. Caranya sangat mudah, bersihkan ikan di air yang mengalir, buang sisik dan insang ikan. Setelah bersih, balurkan campuran garam dan perasan jeruk dan garam secara merata lalu diamkan 10-20 menit kemudian bilas dengan air hangat.

2. Air asam jawa

Caranya sama seperti sebelumnya, kemudian rendam ikan 10-15 menit kemudian bilas.

3. Jahe

Selain berkhasiat sebagai seduhan hangat. Jahe juga mempunyai manfaat menghilangkan bau amis pada ikan. Tapi jangan khawatir aroma jahe tidak akan mengganggu rasa ikan nantinya. Caranya bersihkan ikan terlebih dahulu, buang sisik dan insang. Kemudian balur parutan jahe atau bubuk jahe ke bagian ikan merata. Tunggu 10-15 menit lalu bilas dengan air hangat.

4. Apel

Apel salah satu buah yang bukan dinikmati sebagai pencuci mulut saja. Apel juga memiliki manfaat sebagai penghilang bau. Caranya bersihkan ikan lalu buang sisik serta insang pada air mengalir. Iris tipis buah apel, lalu rendam pada air atau minyak untuk mengolah ikan. Setelah irisan apel layu, angkat dan larutan air atau minyak rendaman bisa menetralisir bau amis ikan.

5. Gula pasir

Rasa manis gula ternyata bisa menghilangkan bau amis ikan yang ada pada ikan. Caranya mudah, bersihkan ikan dari sisik dan insang di air mengalir. Kemudian balur ikan dengan gula pasir ke bagian-bagian ikan merata akan lebih ampuh bila ditambahkan minyak wijen lalu diamkan 5 menit lalu bilas air hangat.

6. Susu

Susu memiliki kandungan kasein yang mampu mengikat trimetilamin oksida yang menyebabkan ikan bau amis, bisa menggunakan susu full cream atau UHT yang rasa plain. Bersihkan insang dan sisik menggunakan air mengalir lalu rendam dengan susu 30 menit. Terakhir bilas.

7. Tepung

bersihkan ikan dari sisik dan insangnya pada air mengalir, kemudian balur ikan menggunakan tepung sampai menutup seluruh ikan . Tunggu 10 menit kemudian bilas.

***

GN/PTH

Komentar (4)

  • lucky fernando

    28 Desember 2022 | 09:38:02 WIB

    wahh terima kasih infonya

    1 tahun lalu

  • Lilyana Purnamasari

    27 Desember 2022 | 22:24:14 WIB

    wah saya baru tahu susu bisa digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan, terima kasih infonya

    1 tahun lalu

  • sutiyah lami

    27 Desember 2022 | 13:59:31 WIB

    wahh informasi yang bermanfaat

    1 tahun lalu

  • Febry fernandes

    21 Desember 2022 | 18:51:52 WIB

    Terima kasih ilmunya

    1 tahun lalu

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1152 seconds