Tanaman Sukulen, Tanaman Kecil Penghias Ruangan

Jumat, 22 September 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Tanaman Sukulen (Freepik/rawpixel.com)

LINK UMKM -  Bosan melihat ruang yang gitu-gitu aja? butuh suasana baru? yuk coba tanaman sukulen sebagai penghias ruangan. Sukulen salah satu alternatif tanaman hias yang sangat disukai karena ukurannya yang kecil dan mudah perawatannya. 

Melansir dari rumah.com sukulen berasal dari bahasa latin, yaitu sucus yang memiliki arti “cairan” karena tanaman ini akan menyimpan kandungan air pada batang maupun pada daunnya.Sukulen adalah salah satu tanaman yang memiliki bagian tubuh yang tebal dan berdaging serta memiliki kandungan air yang sangat tinggi. Sukulen ini bukan nama sebuah tanaman, tetapi sebuah klasifikasi pada sebuah tanaman yang berbagai macam jenis. Tanaman ini berasal dari gurun atau daerah yang memiliki musim semi kering.

Tanaman sukulen suka ditanam sebagai tanaman hias karena penampilannya yang menclok dan tidak biasa, dan juga kemampuannya untuk tumbuh subur walaupun dengan perawatannya yang relatif minim. Meskipun berukuran kecil tetap terlihat keindahannya.

DIlansir cnnindonesia.com, setidaknya ada tujuh contoh tanaman sukulen yang banyak dijadikan koleksi dan budidaya oleh orang banyak:

1. Jade plant

Sukulen jenis ini memiliki warna daun hijau dan tebal, mengkilap dan gelap, dan berbentuk oval. Beberapa varietas tanaman ini juga memiliki warna merah diujung daun. selain itu tanaman jade plant yang sudah dewasa mampu menumbuhkan bunga putih atau merah muda yang indah.

2. Panda plant

Kalanchoe tomentosa merupakan salah satu sukulen yang sangat lucu, dan cocok sebagai penghias rak kamar ataupun digantungkan di beberapa sudut ruangan.

tampilan yang mini dengan ujung daun hijau pucat macam beludru atau duri-duri kecil halus. Ujung daunnya pun terdapat bintik merah terang yang membuatnya kontras, sekaligus cantik.

3. Medusita

Dengan postur tanaman yang keras dan menjuntai ke atas, tanaman ini mirip seperti kaki cumi-cumi yang diletakkan di atas pot.

4. Roseum

Memiliki bentuk seperti mawar yang menawan, roseum sangat cocok ditempatkan di dekat jendela, sebab ia membutuhkan sinar matahari yang cukup. Ketika musim panas tiba akan muncul bunga cantik berwarna merah muda.

5. Haworthia cactus zebra

Jenis kaktus hias yang mampu membuat orang terpana, sebab persilangan warna yang dihasilkannya begitu apik. Perpaduan warna hijau dengan garis putih belang-belang membuatnya semakin artsy.

6. Ball cactus

Memiliki nama latin Parodia magnifica ini memiliki postur tanaman yang menggemaskan. Seperti bola berduri tajam namun terlihat halus, cocok dijadikan aksesoris di ruang tamu.Tanaman ini memiliki warna kekuningan hingga keemasan, jika berbunga akan menghasilkan bunga kecil berwarna kuning.

7. Torch plant

Postur tanaman seperti lidah buaya dengan warna hijau pucat, dan memiliki keunikan seperti bunga yang menyerupai obor kala mekar di musim panas.

***

GN/PTH

Komentar (2)

  • Trimo

    10 Desember 2022 | 14:11:42 WIB

    Menambah informasi baru

    1 tahun lalu

  • Febry fernandes

    10 Desember 2022 | 12:05:54 WIB

    Terima kasih informasinya

    1 tahun lalu

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1636 seconds