Cara Stek Tanaman Agar Makin Subur

Kamis, 21 September 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Stek Tanaman (Freepik/stockking)

LINK UMKM -  Bercocok tanam merupakan hobi yang menarik dan dapat dilakukan di halaman rumah. Dalam bercocok tanam, ada berbagai pilihan jenis tanaman yang dapat menjadi alternatif pilihan seperti tanaman bunga atau tanaman buah. Namun banyak juga orang yang lebih memilih untuk bercocok tanam pohon buah-buahan.

Proses stek tanaman dapat membuat tanaman semakin subur dan rimbun, serta dapat memperoleh bibit tanaman baru tanpa benih atau biji. Cara stek tanaman juga dikenal sebagai pengembangbiakan vegetatif atau tanpa melalui perkawinan.

Metode stek juga sangat mudah bagi para pemula yang baru memiliki minat dalam merawat tanaman, namun masih belum tahu apa saja metode pengembangbiakannya. Melansir dari Planet Natural cara stek tanaman dapat digunakan pada tiga bagian yaitu batang, daun, dan akar.

1. Cara Stek Tanaman Melalui Batang

Cara stek tanaman melalui batang adalah metode pengembangbiakan tanaman paling populer untuk semak berkayu dan tanaman hias. Cara ini juga merupakan teknik yang bagus untuk tanaman indoor. Hanya perlu mencari batang yang sehat  tanpa kuncup bunga, penyakit, dan serangga. Dengan menggunakan pisau tajam dan steril, buatlah potongan bersih pada sudut 45 derajat untuk memaksimalkan area perakaran.

Stek harus sepanjang 3-6 inci dan menyertakan ujung batang dan setidaknya dua atau tuga set daun terpasang. Buang bagian bawah daun (karena akar baru akan berkembang dari area ini) dan Anda bisa mencelupkan ujung yang baru saja dipotong menggunakan gel rooting. Ini akan membantu menutup jaringan tanaman yang dipotong dan mendorong pertumbuhan akar baru. Kemudian letakkan potongan ke dalam pot kecil dengan tanah lembab. Pastikan untuk membuat lubang kecil pada media tanam sebelum memotongnya. Dengan cara ini, larutan rooting tidak akan terlepas dari batangnya.

2. Cara Stek Tanaman Menggunakan Akar

Langkah pertama ambil stek sepanjang 1-4 inci dari akar yang lebih muda dengan ketebalan sekiat ¼ hingga ½ inci. Potong lurus melalui ujung akar yang paling dekat dengan batang dan potong ujung lainnya secara miring. Dengan cara ini akan dapat mengingat ujung mana yang paling tas dan mana yang paling bawah. Perlu dicatat bahwa akar tidak akan tumbuh jika menanamnya terbalik.

3. Cara Stek Tanaman Melalui Daun

Cara stek tanaman satu ini cukup mudah. Hanya menggunakan daun dan batangnya (tangkai daun) atau hanya sepotong daun yang digunakan untuk membuat tanaman baru. Pengembangbiakan dengan stek daun pada dasarnya sama dengan stek batang kayu lunak atau batang kayu keras dan dapat dilakukan kapan saja sepanjang tahun. Pilihlah  daun yang sehat dan tumbuh sempurna sekitar 1 sampai 1 1/2 inch batangnya. Setelah dipotong, bagian bawah daun perlu direndam terlebih dahulu dalam larutan auksin dengan rasio 100-200 cc per liter air. Pindahkan ke pot dengan lubang yang dasarnya sudah berisi campuran tanah serta pupuk kandang. Pastikan untuk hanya 3/4 wadah dan gunakan satu tempat hanya untuk satu daun.

***

GN/FF

Komentar (1)

  • Admin LinkUMKM

    9 Desember 2022 | 08:47:33 WIB

    Terimakasih tipsnya jadi ngga bingun lagi stek tanaman

    1 tahun lalu

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1724 seconds