Tanaman Tumpang Sari Yang Cocok Berdampingan Dengan Cabai

Jumat, 22 September 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Tanaman Tumpang Sari (Freepik/lifeforstock)

LINK UMKM -  Harga cabai tidak bisa ditebak kadang bisa melambung tinggi. Salah satu solusi mendapatkan pedas cabai dengan biaya murah adalah dengan menanamnya sendiri di pot atau pekarangan rumah. Namun menanam cabai memiliki beberapa kendala. Berbagai hama mungkin datang dan membuat tanaman cabai menjadi tidak subur atau malah mati.

Hama pada cabai beragam mulai dari hama ulat grayak, hama tungau merah, hama kutu daun, hama kutu kebul, hama lalat buah, dan masih banyak lagi. Berbagai hama ini bisa dideteksi keberadaannya secara dini. Melansir dari Belajartani, hama trips pada cabai bisa dideteksi ketika daun tanaman mulai mengeriting dan berwarna keperakan di bagian bawahnya.

Sedangkan cabai yang menjadi coklat kehitaman seperti busuk, biasanya disebabkan oleh hama lalat buah. Hama lalat buah ini merajalela ketika musim penghujan tiba sedangkan hama kutu daun dan kutu kebul biasanya meningkat pesat penyebarannya di musim kemarau.

Pola tanam tumpang sari memiliki beberapa keuntungan dibandingkan pola tanam monokultur, melalui mekanisme seperti penyediaan unsur hara dimana jenis tanaman keluarga polong-polongan dapat berperan sebagai penyedia unsur hara karena jenis tanaman ini bisa mengikat unsur hara dari udara melalui simbiosis dengan bakteri pada nodul akar.

Panduan pemilihan tanaman tumpang sari dibutuhkan karena begitu banyak jenis sayuran yang bisa dipilih untuk dikombinasikan. Panduan ini dapat menunjukkan tanaman yang dapat mendukung atau malah menghambat pertumbuhan tanaman lainnya.  berikut jenis tanaman yang cocok ditanam berdampingan dengan cabai:

1. Tanaman Herbal

Tanaman basil yang ditanam dekat cabai akan berfungsi untuk mengusir lalat dan nyamuk.

2. Tomat

Menanam tomat  berdekatan dengan cabai memiliki manfaat yang baik yaitu mencegah nematoda dan kumbang tanah, tomat yang ditanam di dekat cabai akan tumbuh dengan baik dan subur.

3. Wortel

Tanaman jenis ini tidak membutuhkan areal tanah yang luas, sehingga bisa disandingkan dengan tanaman cabai.

4. Terong

5. Bayam

6. Kacang-kacangan

***

GN/FF

Komentar (1)

  • Admin LinkUMKM

    9 Desember 2022 | 08:48:08 WIB

    sangat menghemat ya ternyata tanaman tumpang sari

    1 tahun lalu

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1578 seconds