Mau Beli Rumah Saat Pandemi? Simak Tipsnya di Sini!

Kamis, 24 November 2022 | 08:00 WIB

Ilustrasi Rumah (Freepik/senivpetro)

LINK UMKM -  Pandemi yang menyerang di awal tahun 2020 lalu, menyebabkan dampak yang luar biasa di berbagai sektor kehidupan masyarakat. Salah satu yang bisa dirasakan adalah terpuruknya perekonomian. Hal ini membuat sebagian ekonomi masyarakat menjadi lumpuh, bahkan banyak yang terpaksa harus gulung tikar akibat penjualan yang menurun sangat drastis.

Masing-masing orang punya cara tersendiri agar bisa tetap survive saat pandemi. Ada yang menjual aset miliknya, seperti menjual motor atau mobil bahkan hingga menjual rumah agar bisa mendapatkan uang cash untuk memenuhi kebutuhan hidup dan bisa tetap bertahan. Namun, tidak sedikit juga masyarakat yang punya banyak uang, justru memanfaatkan kesempatan ini untuk berinvestasi di bidang properti, seperti rumah salah satunya.

Simak yuk apa saja keuntungan yang didapatkan jika beli rumah saat pandemi berikut ini:

  1. Harga Rumah

Seperti dilansir dari laman cnnindonesia.com, sebuah survey yang dirilis oleh Bank Indonesia (BI), yakni Survei Harga Properti Residensial (SHPR) menunjukkan jika harga properti mengalami penurunan pada kuartal I 2021 sebesar 1,35 persen secara tahunan.

  1. Penawaran rumah yang beragam

Developer besar tetap melanjutkan pembangunan rumah saat pandemi, meski tidak seintens seperti sebelum pandemi menyerang. Selain itu juga ada sebagian masyarakat yang menjual rumah karena memang kepepet membutuhkan uang.

Calon pembeli menjadi punya banyak pilihan untuk memilih rumah yang sesuai dengan bujet. Bahkan beberapa pengembang pun turut memberikan harga promo dan diskon agar propertinya bisa laku terjual.

  1. Suku Bunga KPR Relatif Rendah

Saat pandemi menjadi momentum yang tepat untuk membeli properti, seperti yang dikatakan oleh Direktur Tatadana Consulting, Tejasari Assad. Menurut website OJK, beberapa bank memberikan suku bunga KPR yang cenderung rendah. Seperti Bank BNI sebesar 7,25 persen, Bank BCA sebesar 7,20 persen dan Bank BPD Yogyakarta sebesar 5,76 persen.

Tips Beli Rumah Saat Pandemi

Tabungan kamu sudah cukup dan berencana ingin beli rumah saat pandemi? Nah, agar kamu bisa mendapatkan rumah impian yang sesuai dengan bujet, ada baiknya menyimak tipsnya yang sudah dirangkum oleh Tim LINKUMKM antara lain,

1. Ukur Kemampuan Daya Beli

Sesuaikan kemampuan finansial sebelum membeli rumah yang diincar. Terutama jika ingin membeli secara kredit. Hal ini penting dilakukan agar kamu bisa menentukan besaran uang muka dan cicilan yang mampu dibayarkan.

2. Berburu Rumah Bekas

Jika tabunganmu sudah cukup dan kamu ingin membeli rumah, tidak salahnya kamu mempertimbangkan untuk mencari rumah bekas. Pasalnya, banyak orang menjual rumahnya di saat pandemi, sehingga harga jualnya cenderung lebih rendah.

3. Beli Rumah dari Orang yang Kepepet

Kamu juga bisa membeli rumah dari orang yang kepepet membutuhkan uang. Apalagi saat pandemi, penjualan rumah bekas ikut meningkat. Biasanya orang yang kepepet butuh uang, akan menjual rumahnya dengan harga yang cenderung lebih murah.

Teliti Sebelum Berinvestasi Properti Rumah

Harga rumah memang cenderung lebih murah karena imbas pandemi, tetapi cobalah untuk tidak menurunkan standar atau kriteria yang kamu inginkan. Karena rumah bukan hanya sebagai tempat tinggal saja, melainkan juga sebagai investasi jangka panjang.

Telitilah sebelum membeli rumah, agar kamu tidak salah pilih, karena kamu juga yang akan menempati rumah tersebut untuk jangka panjang bersama keluarga tercinta.

***

GN/MRA

Komentar (2)

  • Eka mutia komala

    26 November 2022 | 20:09:03 WIB

    4frrr4 R5 4 4 xr4 rrr4 r rcxfr ffr4 r4r

    16 jam lalu

  • Icin

    26 November 2022 | 04:35:32 WIB

    Menarik

    1 hari lalu