Tips Membuat Desain Kemasan Produk makanan Kreatif

Sabtu, 19 November 2022 | 08:00 WIB

Ilustrasi Foto Kemasan. (Freepik/Xvect Intern)

LINK UMKM -  Percayakah Anda jika kemasan produk dinilai sebagai first impression pembeli terhadap produk yang dijual? Terutama desain kemasan produk makanan.

Saat ini, konsumen tertarik membeli sebuah produk berdasarkan desain kemasan produk kreatif. Desain kemasan produk makanan menjadi salah satunya. Biasanya calon konsumen akan melihat dari segi kualitas desain yang digunakan pada kemasan makanan.

Tidak hanya desain kemasan produk makanan berat, tetapi juga contoh desain kemasan produk makanan ringan. Berikut ini penjelasan dan tips untuk membuat desain kemasan yang dilansir dari kitalulus.com.

  • Pengertian Desain Produk

Kemasan produk merupakan suatu wadah atau pembungkus yang berfungsi sebagai pencegah dan meminimalisir terjadinua kerusakan pada produk di dalamnya. Selain itu Kemasan produk juga memiliki fungsi sebagai bahan promosi serta identitas dari produk tersebut.

Saat ini banyak sekali perusahaan yang menggunakan desain kemasan yang kreatif untuk mempromosikan produknya dan menarik perhatian calon konsumennya. Saat ini banyak orang yang memutuskan untuk membeli produk atau tidaknya berdasarkan desain dari kemasan yang mereka lihat. Hal ini disebabkan karena manusia menggunakan sekitar 80% indera penglihatannya sebelum memutuskan pembelian.

Maka, jika Anda berhasil membuat desain kemasan produk kreatif sehingga menarik minat calon pembeli, maka akan memberi nilai tambah di mata pembeli.

  • Mengapa Desain Kemasaan itu Penting?

Seperti yang disebutkan sebelumnya jika manusia lebih banyak menggunakan indera penglihatannya. Maka dari itu, sebelum Anda memutuskan untuk membuat sketsa kemasan produk, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan jadi pertimbangan.

Seperti unsur grafis dari desain kemasan produk kreatif tersebut. Meliputi warna, bentuk, merek, ilustrasi, huruf, hingga tata letak visual di contoh kerangka kemasan produk tersebut.

Bagi Anda yang ingin membuat desain kemasan produk makanan, ada dua hal yang harus menjadi daya tarik dari bungkus makanan tersebut, yaitu daya tarik visual atau estetika, dan daya tarik praktis atau fungsional.

Kini hampir semua bungkus makanan kekinian menggabungkan dua unsur tersebut. Berikut beberapa fungsi penting dari desain kemasan produk kreatif:

  • Meningkatkan brand awareness dan kualitas produk baik dari pelanggan lama maupun pelanggan baru
  • Membantu strategi pemasaran karena berisikan informasi mengenai merek bisnis Anda, jenis produk, label produk, kandungan gizi, dan lainnya
  • Menjaga kualitas produk di dalamnya

TIps Membuat Desain Kemasan Kreatif

Berikut beberapa tips membuat desain kemasan produk:

1. Desain yang sederhana

Tips yang pertama adalah dengan menggunakan desain yang sederhana. Tidak selamanya desain kemasan produk makanan atau produk kreatif harus heboh atau penuh. Anda bisa membuat kemasan produk makanan dengan desain yang sederhana.

2. Warna yang Cerah dan Beda

Anda bisa melakukan riset dengan membandingkan produk kompetitor untuk membuat kerangka kemasan produk. Mengapa memilih warna cerah? Sebab warna cerah yang ada di bungkus makanan diyakini bisa menarik perhatian pembeli ketika dipamerkan di etalase toko.

3. Gambar yang Menarik

Gambar yang digunakan pada contoh desain kemasan tidak harus selalu berkaitan dengan produk. Anda bisa memilih gambar unik dan lucu lainnya agar tidak meninggalkan kesan kaku pada bungkus makanan kekinian.

4. Data Legalitas dari Pemerintah

pastikan Anda mencantumkan data legalitas dari pemerintah di desain kemasan produk makanan atau produk kreatif. Tujuannya adalah agar pembeli lebih percaya dengan produk yang Anda jual.

 5. Font yang Menarik

Anda bisa menggunakan font atau jenis huruf yang unik di sketsa kemasan produk yang Anda buat. Selain itu, cantumkan informasi yang singkat, jelas, dan padat dalam sketsa kemasan produk tersebut.

***

GN/BS

Komentar (1)

  • Rumiyati

    22 November 2022 | 20:34:32 WIB

    Sangat penting

    1 tahun lalu

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1555 seconds