Produk Tidak Laku Dijual, Bagaimana Solusinya?

Rabu, 2 November 2022 | 08:00 WIB

Ilustrasi Produk Tidak Laku Dijual (Freepik/freepik)

LINK UMKM -  Produk adalah faktor utama yang harus diperhatikan ketika Anda mengembangkan sebuah bisnis. Dilansir dari jurnal.id, tercapainya target penjualan suatu produk adalah tujuan utama dalam menjalankan bisnis. Namun, hal tersebut bukanlah pekerjaan yang mudah.

Ada banyak faktor yang membuat produk yang Anda jual menjadi tidak laku di pasaran. Faktor internal dan eksternal sangat memengaruhi laku tidaknya sebuah produk bisnis. Jika 2 faktor tersebut tidak segera di identifikasi dan tidak dicari solusinya, perkembangan bisnis Anda akan terancam.

Berikut faktor penyebab produk tidak laku dijual dan solusi mengatasinya yang telah dirangkum oleh Tim LinkUMKM:

Faktor Internal

1. Kurangnya perencanaan strategi pemasaran

Perencanaan yang kurang dalam menentukan strategi pemasaran, merupakan hal yang dapat menyebabkan produk tidak laku dijual. Solusinya adalah ketika Anda merencanakan strategi pemasaran, usahakan strategi tersebut berorientasi pada konsumen.

2. Target Pasar yang Lebar

Target pasar yang terlalu lebar dapat menyebabkan produk Anda tidak laku dijual. Fokus Anda akan terpecah ke semua golongan masyarakat dalam memasarkan produk. Solusinya adalah Anda perlu membuat target pasar prioritas. Agar strategi pemasaran yang Anda susun terfokus dan tepat sasaran.

3. Kurangnya Jumlah Pemasok Bahan Baku

Ketika produk yang Anda tawarkan laku keras, pasti akan berdampak pada kekurangan pasokan bahan baku. Ini bisa mengakibatkan produk yang Anda jual tidak laku. Solusinya adalah Anda harus membuat list jumlah pemasok bahan baku produk yang mencukupi.

4. Harga yang Terlalu Mahal

Harga menjadi salah satu faktor produk tidak laku dijual. Kesalahan dalam penentuan harga produk sering dilakukan para pebisnis, terutama pebisnis pemula. Solusinya adalah Anda harus melakukan survei harga kompetitor Anda yang menjual produk sejenis.

5. Perencanaan Finansial yang Kurang Matang

Perencanaan finansial sering dikesampingkan, dimana para pebisnis hanya menyiapkan dana saja tanpa ada perencanaan yang matang. Sehingga, banyak bisnis yang gulung tikar akibat dana yang ada habis sebelum bisnis tersebut berkembang atau balik modal. Solusinya adalah rancang finansial bisnis Anda dengan rapi, detail, dan matang.

Faktor Eksternal

1. Persaingan Antar Kompetitor

Persaingan di dunia bisnis memang tidak bisa dihindari, apalagi persaingan antara kompetitor produk sejenis. Solusinya adalah temukan dan bangunlah sesuatu citra unik dari produk Anda. Angkat keunikan itu menjadi suatu kelebihan produk Anda dari produk sejenis lainnya.

2. Sumber Daya Manusia yang Rendah

Dukungan sumber daya manusia dalam sebuah bisnis jika dipresentasekan mungkin 70%. Tanpa ada  tim produksi, tim pengemasan, tim distribusi, dan tim pemasaran yang baik produk Anda tidak akan laku dijual. Solusinya carilah sumber daya manusia yang berkualitas. Cobalah untuk selalu lakukan pelatihan kepada tiap pegawai dan selalu ada evaluasi tiap minggunya.

***

GN/MRA

Komentar (4)

  • Surya Mandalika nita

    9 November 2022 | 10:05:24 WIB

    sangat membantu

    1 tahun lalu

  • Muhammad Nasuha

    9 November 2022 | 09:32:11 WIB

    terimaksih informasinya sangat membantu kami selaku UMKM

    1 tahun lalu

  • Dezidmom90

    4 November 2022 | 08:03:01 WIB

    Terimakasih unkm sangat membantu kami

    1 tahun lalu

  • Lilyana Purnamasari

    4 November 2022 | 06:59:14 WIB

    well noted, terima kasih untuk sharingnya, setuju, kami para UMKM mudah2an selalu diberikan kesempatan oleh BRI untuk diikutsertakan dalam setiap kegiatan bazaar UMKM / PESTA RAKYAT SIMPEDES, dibina, dimentoring, diberi space untuk bisa titip jual produk

    1 tahun lalu

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.114 seconds