Rekomendasi Menu Olahan Kacang Kedelai

Selasa, 25 Oktober 2022 | 08:00 WIB

Ilustrasi biji kedelai

LINK UMKM - Kacang kedelai merupakan salah satu jenis biji-bijian yaang banyak ditanami di Indonesia. Kacang kedelai cukup mudah untuk ditaman selain itu kacang kedelai juga dapat ditanam sebagai penyelang di lahan-lahan kosong yang telah selesai dipanen dari bekas jenis tanaman yang berbeda.

Kacang kedelai pun mengandung berbagai kandungan dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Dalam 100 gram kacang kedelai terkandung 150-170 kalori dengan beragam nutrisi seperti 10 gram protein, 13-14 gram karbohidrat, 5 gram lemak, 3,5-5 gram serat, 100 miligram kalsium, 8 miligram zat besi, 850-900 miligram kalium, dan 500 IU vitamin A. Selain itu kacang kedelai juga mengandung antioksidan isoflavon, vitamin C, vitamin B1, magnesium, folat, selenium, zinc, serta lemak baik omega-3 dan omega-6.

Berikut rekomendasi beberapa olahan makanan berbahan dasar kacang kedelai,

  • Taco isi tempe

Taco merupakan makanan khas Meksiko dengan daging sebagai bahan makanan utama, namun kini muncul varian taco baru yang sudah dimodifikasi. Daging yang umumnya ada di dalam taco diganti dengan tempe yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga rasanya tidak kalah dengan taco asli berbahan dasar daging.

  • Burger tempe

Burger adalah salah satu makanan terpopuler di dunia, hampir di setiap belahan dunia burger hadir sebagai makanan yang banyak diminati. Mulai dari burger premium, burger restoran franchise hingga burger pinggir jalan selalu saja berhasil membangkitkan selera makan. Kini hadir varian burger dengan isian tempe yang tak kalah lezatnya, burger ini menjadi alternatif makanan bagi para vegetarian yang ingin tetap merasakan kenikmatan burger dengan bahan sehat dan non hewani.

  • Kare tempe 

Kare mungkin salah satu makanan jepang yang terkenal dan cocok di konsumsi di berbagai negara. Cita rasa kare yang khas sangat cocok menjadi peneman makan siang. Tempe bisa menjadi pelengkap kare yang bisa menambah cita rasa serta tekstur yang unik saat dikonsumsi bersama kaldu kare dan isian kare lainnya.   

  • Sushi isi tempe

Sushi mungkin salah satu makanan khas jepang yang paling mendunia, kini hampir di setiap kota besar ada bar-bar sushi yang menjual berbagai olahan makanan segar tersebut. Salah satu kreasi olahan tempe yang cukup inovatif adalah sushi dengan tempe dan sayuran lainnya. Pastinya tempe akan memeberikan rasa dan tekstur berbeda dari sushi-sushi lainnya yang umumnya berbahan dasar dari ikan dan hewan laut lainnya.

***

GH/EBE

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1492 seconds