Strategi Bank BRI untuk Mengembangkan Layanan Digital Banking Sepanjang Tahun 2022

Jumat, 5 Agustus 2022 | 08:00 WIB

Ilustrasi Brimo Layanan Digital Banking BRI (Dok. bri.co.id)

LINK UMKM -  PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI semakin menguatkan posisinya dalam lanskap digital banking di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan Bank BRI terus menorehkan prestasi atas keberhasilannya dalam menjalankan transformasi digital. Bank BRI medapatkan perolehan empat penghargaan di Digital Technology (DIGITECH) Awards 2022.Dalam event yang digelar di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta pada 30 Maret 2022 lalu, Direktur Utama BRI Sunarso mendapatkan penghargaan sebagai The Best CEO for Corporate Digital Transformation. Adapun tiga penghargaan lainnya, yakni The Best Transformation & Digital Innovation in Retail & Micro Banking Industries, The Best IT Planning & Project Portfolio in Retail & Micro Banking Industries, dan The Best Digital Readiness For G20 In Retail & Micro Banking Industries. Apresiasi tersebut menegaskan bahwa BRI semakin dekat dengan visinya sebagai The Most Valuable Banking Group in Southeast Asia & Champion of Financial Inclusion. BRI yang merupakan bank terbesar di Indonesia ini, dinilai sukses melakukan transformasi digital-nya sehingga dapat meningkatkan kinerja perusahaan dan pelayanan terhadap pelanggan maupun mitra bisnisnya.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk telah menyiapkan strategi mengembangkan layanan digital di 2022. Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI Indra Utoyo menyatakan transformasi digital BRI dikembangkan dengan tujuan untuk Go Smaller, Go Shorter, Go Faster. "Berarti menyediakan layanan perbankan yang lebih efisien hingga ke segmen terkecil, dengan mengedepankan Speed, Smart, dan Simplicity. Kami mengacu pada 3 framework utama, yakni digitizing core atau digitalisasi proses bisnis pada core product untuk efisiensi, termasuk di dalamnya pengembangan BRImo sebagai financial superapp, dan optimasi BRISpot dan BRILink. Bank BRI juga akan memperkuat digital ecosystems dengan menyiapkan digital platform yang terintegrasi guna membangun bisnis ekosistem value chain." ujar Indra Utoyo selaku Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI kepada Kontan.co.id, pada Kamis (20/1).

Bank BRI juga berfokus untuk memperluas omnichannel distribution, dengan mengembangkan layanan perbankan BRI sebagai embedded finance, seperti melalui open banking API hingga integrasi dan kerja sama dengan ekosistem. Agar bisa menjadi sumber pertumbuhan baru dalam bentuk dana murah atau CASA, pendapatan berbasis komisi dan akuisisi nasabah baru. Juga menciptakan inovasi baru yang fully digital dengan new business model (new digital propositions) dengan memanfaatkan game-changer tech.

BRIAPI sepanjang 2021 juga mencatatkan pertumbuhan sales volume hingga 329% dibandingkan tahun sebelumnya, atau mencapai Rp 182,7 triliun. Hingga kuartal ke IV 2021, telah terjadi lebih dari 235 juta transaksi melalui BRIAPI, melonjak 209% dari periode yang sama di tahun sebelumnya, dan menghasilkan Rp47,2 miliar fee-based income atau tumbuh 216% yoy.

***

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1616 seconds