3 Hobi Ini Bisa Jadi Peluang Usaha yang Menguntungkan

Minggu, 31 Juli 2022 | 08:00 WIB

3 Hobi Ini Bisa Jadi Peluang Usaha yang Menguntungkan

LINK UMKM -  

Sebagian orang percaya, profesi atau pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar. Umumnya, jika pekerjaan yang kita lakukan sesuai dengan hobi atau passion kita, maka kemungkinan untuk bertahan lama dan sukses akan semakin besar. 

Bagi Sobat UMKM Brilian yang sedang ingin membuka usaha sesuai dengan passion yang sedang digeluti, mungkin Kamu bisa cek penjelasannya Melansir kompas.com berikut ini:

  1. Penulis

Salah satu hobi yang bisa menjadi peluang usaha dan menghasilkan uang di era digital saat ini adalah penulis. Jika Kamu memiliki keahlian dan hobi menulis, maka tidak ada salahnya mencoba membuka penawaran kerja sama sebagai freelance content writer untuk mengisi website-website bonafit. Hobi ini juga bisa Kamu kembangkan menjadi sebuah startup digital yang menawarkan jasa pengisian konten untuk blogger yang tidak sempat meng-update blog mereka.

  1. Fotografer dan Videografer

Fotografi dan videografi menjadi hobi paling menarik yang bisa dijadikan sumber penghasilan tambahan. Bahkan, banyak orang yang menjadikan aktivitas fotografi atau videografi sebagai mata pencaharian karena keahliannya memang banyak dibutuhkan oleh perusahaan.

Selain itu, Kamu juga bisa mencoba ide lain dengan membuka layanan stock foto seperti Shutterstock, iStockPhoto, atau 123RF atau untuk videografi Kamu juga bisa menjadikan aktivitas sehari-hari sebagai konten Vlog yang diunggah ke lama YouTube.

  1. Desain Grafis

Hobi yang menguntung berikutnya adalah design grafis. Visual menjadi segalanya karena mampu menyampaikan pesan dan informasi yang lebih mudah diserap oleh calon pengguna. Jadi, jika Kamu senang menciptakan desain atau membuat karya visual, maka tidak ada salahnya jika Kamu mulai membuat portofolio yang bisa disebar ke klien.

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1245 seconds