Sejarah Luar Biasa Dibalik Nikmatnya Keju Kraft

Selasa, 11 Januari 2022 | 05:00 WIB

Sejarah Luar Biasa Dibalik Nikmatnya Keju Kraft

LINK UMKM - Memiliki rasa yang gurih dan lembut, membuat keju Kraft menjadi keju yang paling diminati banyak orang di seluruh dunia. James Lewis Kraft seseorang dibalik terciptanya keju yang nikmat dan dicintai saat ini, ia merupakan seorang berkebangsaan Kanada yang lahir pada 11 Desember 1874 dan wafat pada 16 Februari 1953.

Di tahun 1903, awalnya ia hanya membuat keju untuk dijual ke toko-toko kecil di Chicago, Illinois dengan kereta kuda. Hingga pada tahun 1909, ia mendirikan JL Kraft & Bros Company yang dipimpin oleh James dan empat orang saudaranya dari keluarga Kraft yang bernama Charles, Fred, Norman dan John Kraft untuk melakukan bisnis bersama.

Karena semakin meningkatnya permintaan konsumen sehingga pada tahun berikutnya Kraft dapat mencatatkan peningkatan sebesar 125% dari tahun sebelumnya. Seiring dengan perkembangan produksi yang semakin meningkat, Kraft kemudian mulai membuka kantor baru-nya di New York City pada tahun 1912.

Dengan itu membuat Kraft bersaudara memikirkan untuk memproduksi keju sendiri yang membuat Kraft menjadi merek dagang terkenal di dunia. Karena produksi keju sendiri, Kraft memperoleh hak paten dalam proses keju dalam kaleng.

Pada tahun 1920 Kraft melebarkan produksinya dengan membeli MacLaren Imperial Cheese Co., Ltd. of Montreal, Quebec yang merupakan cikal bakal Kraft di Kanada. Pada tahun 1924, JL Kraft & Bros Co mengubah nama menjadi Kraft Cheese Company dan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Chicago.

Waktu terus berlanjut, Kraft Cheese Company bergabung dengan Phenix Cheese Corporation, yang merupakan perusahaan pembuatan cream keju. National Dairy Products Corporation (NDPC) kemudian mengakuisisi Kraft-Phenix Cheese Corporation pada bulan Mei 1930.

Pada tahun 1945, Kraft Cheese Company yang merupakan anak perusahaan NDPC mengganti nama menjadi Kraft Foods. Pergantian nama tersebut mencerminkan keanekaragaman produk yang dihasilkan oleh perusahaan ini.

Tahun 1953, perusahaan Kraft semakin menjulang. Tercatat, mereka telah beroperasi di 43 negara bagian Amerika Serikat dan distrik di Kolombia serta 8 provinsi di Kanada dan 3 negara luar seperti Australia, Inggris dan Jerman.

Tahun 1980, Kraft Inc pun merger dengan Dart Industries Inc yang merupakan perusahaan obat di Amerika. Setelahnya, pada tahun 1989 Phillip Morris Companies Inc menggabungkan Kraft, Inc dan General Foods Corporation untuk membentuk Kraft General Foods Inc. yang menjelma sebagai perusahaan makanan terbesar kedua di dunia dan terbesar di Amerika dan Kanada.

Hingga pada 2001 Phillip Morris Companies Inc membuat penawaran saham terbuka (IPO) untuk Kraft Foods dan masuk dalam Bursa Efek New York. Dua tahun berselang Kraft mengumumkan kemitraannya dengan Rainforest Alliance untuk pengembangan kopi.

Sejak tahun 2007 Kraft Foods Inc berubah menjadi perusahaan independen yang mendapat “Most Innovative Company” oleh Consumer Goods Technology pada tahun berikutnya. Beberapa produk dari Kraft yang ada di Indonesia antara lain Kraft Singles Cheese, Kraft Cheddar Cheese, Toblerone, Oreo, Ritz, Cadbury, Belvita, Biskuat, dan beberapa produk lainnya.

Kini, Kraft Foods Group Inc. merupakan salah satu produsen makanan olahan terbesar kedua didunia setelah Nestle.

Komentar (1)

  • Aziz Rhomdhonie

    25 Januari 2022 | 12:57:13 WIB

    Untuk d produksi dalam negeri bisa kah

    2 hari lalu