Pelaku Bisnis Keramik Rumahan Diminati Pasar Qatar

Selasa, 26 Januari 2021 | 08:00 WIB

Ilustrasi Gelas Keramik (Foto : pixabay)

LINK UMKM -  Pengusaha keramik untuk perkakas makan Francisca Puspitasari mendapat berkah dari jualan yang dia kembangkan.

Menggunakan laman media digital, Francisca mewujudkan impian untuk mengembangkan bisnis perkakas makan dari keramik. Dengan merek Kaloka Pottery, bisnisnya sudah berkembang pesat hingga manca negara.

Bisnis produk rumahan itu kata Francisca dimulai pada 2016 tanpa modal memadai. Dia pun awalnya tak punya studio pembuatan keramik sendiri.

Tanpa uang mencukupi, satu-satunya yang bisa dilakukan kala itu adalah membuat desain produk.

Berbekal ilmu yang diperoleh semasa kuliah di Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, desain yang sudah jadi kemudian disetor ke studio pembuatan keramik milik orang lain.

Hasilnya tidak langsung dijual lantaran hanya bisa memesan beberapa buah.

Francisca memilih instagram karena merupakan salah satu media sosial yang gratis dan bisa diakses siapa pun. Meski bukan millenial, dia merasa wajib mencoba memanfaatkan sarana digital itu.

Selain mengunggah sampel produk di instagram, ia menawarkan langsung kepada beberapa kolega. Katalognya dia buat sendiri dengan sederhana. Meski tidak banyak, Francisca mulai mendapatkan pesanan.

Francisca pelanggannya berasal dari negara di Timur Tengah, Qatar. Francisca tidak menyangka media sosial mampu membuat pelanggan asal Qatar langsung percaya.

Padahal, mereka sama sekali belum pernah bertemu atau saling mengenal. Sejak pemesanan dari Qatar itu, Francisca mulai kebanjiran pesanan dari beberapa negara di Timur Tengah.

Bahkan, berkat media sosial instagram yang kini memiliki 99,200 pengikut itu, Francisca mendapatkan pesanan dari pelanggan asal Eropa dan Amerika Serikat.

Menurut dia, pesanan tidak selalu datang dari para pengikut atau followers di Instagram. Pesanan datang dari pengguna lain yang melakukan pencarian produk melalui hashtag atau tagar tertentu.

Sadar dengan kekuatan pemasaran secara daring, ia kemudian terus menggencarkan dan menyempurnakan upaya promosi melalui Instagram.

RZ/QQ

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x