9 Cara Berkontribusi dalam Mendukung Perkembangan Bisnis Kecil

Jumat, 8 Januari 2021 | 16:00 WIB

Ilustrasi Bisnis Kecil (Foto : pixabay)

LINK UMKM -  Semakin meluasnya pandemi, semakin membawa dampak besar terhadap sektor usaha kecil dibeberapa negar. Hal tersebut menuntut para pemilik usaha untuk secara kreatif mempertahankan keberlangsungan usaha melalui strategi-strategi yang tidak hanya menguntungkan pemilik namun juga konsumen dan lingkungan usaha kecil lainnya.

Selain itu, kontribusi konsumen dalam mempertahankan keberlangsungan usaha kecil juga patut untuk dipertimbangkan.

Seperti yang dilansir dari The New York Times, pada minggu-minggu awal pandemi virus corona, trend positif masih bisa dirasakan oleh para pengusaha dengan adanya dukungan keberlangsungan usaha kecil yang dilakukan oleh para konsumen.

Namun seiring berjalannya waktu, hal tersebut cenderung mengalami penurunan yang disebabkan oleh semakin ketatnya pembatasan jam operasional usaha. Dengan kontribusi konsumen inilah yang diharapkan mampu terus membantu perkembangan dunia usaha kecil yang terus melemah selama masa pandemi. Berikut beberapa tips yang mungkin dapat dipertimbangkan sebagai bagian dalam perkembangan usaha kecil sebagi konsumen :

1. Belilah Produk Lokal

Sebelum anda berpikir untuk membeli barang produk asing, sebaiknya anda harus mempertimbangkan adanya produk lokal yang serupa. Tidak ada salahnya untuk mulai mempertimbangkan pilihan alternatif dalam memilih produk lokal untuk membantu bisnis usaha kecil disekitar rumah anda. Meskipun begitu, anda harus selalu memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai tindakan preventif terhadap persebaran virus COVID-19 ini. Perlu diingat pula bahwa berbelanja secara lokal tidak selalu berarti meninggalkan semua situs online. Platform seperti E-Commerce maupun media sosial lainnya telah mulai menghubungkan pengguna kepada bisnis-bisnis kecil yang ada.

2. Pembelian langsung secara take away

Jasa pengiriman selama masa pandemi menjadi primadona tersendiri dalam melakukan kegiatan berbelanja. Namun, pemesanan secara Take Away mampu menjadi alternatif pilihan. Hal ini dikarenakan mayoritas platform belanja online membebankan biaya kepada pengusaha. Dan meskipun mudah untuk membeli melalui apa yang disebut toko digital, berbelanja melalui aplikasi pihak ketiga biasanya mengurangi keuntungan bersih bagi pedagang.

3. Bersosialisasi

Membantu meningkatkan kehadiran media sosial bisnis kecil dengan menyukai atau membagikan konten tersebut di Instagram, Facebook, LinkedIn, Twitter, maupun sosial media lainnya. Tulislah ulasan positif, bagikan foto produk yang telah anda beli, dan terutama untuk menyebut akun dan konten media sosial usaha bisnis kecil tersebut. Hal ini disebabkan tidak sepenuhnya para pelaku usaha kecil memahami bahwa media sosial memainkan peran penting dalam pemasaran dan penjualan produk. Sehingga dengan sosialisasi melalui media online ini diharapkan mampu memperluas marketing dan pasar para pengusaha kecil.

4. Bantulah melalui cara apapun

Salah satu andil konsumen yang bisa memberikan kontribusi terhadap keberlangsungan usaha adalah dengan melibatkan bisnis usaha kecil kedalam filantropi, berbelanja langsung sesuai protokol, mengutamakan produk lokal, dan meskipun sedikit lebih mahal usahakan membeli dari pasar lokal.

5. Pentingnya Kesetiaan

Tidak sedikit usaha jasa yang juga terkena dampak pandemi ini. Mereka merupakan salah satu usaha yang bisa dikatakan termasuk dalam usaha yang paling sulit untuk dibuka kembali. Hal ini berpengaruh kepada para pelanggan mereka, dimana bisnis kecil biasanya sangat bergantung pada pelanggan tetap.

6. Bayarlah dengan harga penuh

Kita tahu bahwa semua orang tertarik terhadap diskon, namun dalam masa pandemi ini konsumen diharapkan untuk membeli dengan harga penuh untuk membantu dan mendukung keberlangsungan bisnis usaha khususnya usaha kecil.

7. Berpartisipasi dalam usaha pengembangan komunitas

Sementara pandemi telah membuat banyak orang merasa dibatasi, organisasi bisnis lokal berusaha membangun kepercayaan publik dengan membentuk komunitas dengan memperhatikan protokol kesehatan yang dapat memacu kegiatan ekonomi. Tujuan pembentukan komunitas tersebut tidak lain untuk saling menguatkan bersama dengan para pelaku usaha kecil. Selain itu, hal tersebut dilakukan untuk saling berbagi ide dengan organisasi bisnis lokal atau pemerintah kota sebagai jalan pemecahan solusi selama pandemi.

8. Menawarkan keahlian anda

Jika Anda seorang akuntan, pengacara, bankir, atau spesialis pemasaran digital yang telah bekerja untuk beberapa nama produk terkemuka, maka akan lebih baik apabila anda mampu memberikan kontribusi keahlian anda kepada bisnis lokal yang sedang berjuang. Karena dalam dunia bisnis tidak semua pengusaha mempunyai keahlian dalam pemasaran produk secara global dengan cara-cara dan strategi marketing maupun manajemen yang efektif. Sehingga keahlian anda mungkin akan mampu untuk memulihkan keadaan para pengusaha kecil.

9. Berbagi kebaikan

Dalam masa-masa pandemi seperti saat ini, berbagi hal-hal positif diperlukan untuk saling menguatkan satu sama lain. Dukungan emosional perlu untuk mengubah para pengusaha yang sedang dalam tekanan besar. Bentuk perhatian sekecil apapun mungkin sangat berarti untuk keberlangsungan mental dan semangat para pengusaha.

RZ/QQ

oly

13 Januari 2021 | 08:51:39 WIB 3 tahun lalu

Wah inspiratif sekali

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x