10 Tips Pemasaran Digital untuk Pelaku UMKM 4.0

Kamis, 27 Juli 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Strategi Bisnis (Foto : Istimewa)

LINKUMKM -  Persaingan usaha di era industri 4.0 telah berkembang dengan pesat. Pelaku usaha tidak dapat bertahan dengan metode pemasaran tradisional. Pelaku usaha harus mengambil langkah-langkah pemasaran digital yang dapat membantumu memenangkan persaingan usaha.

Berikut 10 tips pemasaran digital 2023 versi Kundan Sharma yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku UMKM 4.0 di Indonesia,

1. Buat Website
Pada 2023 setiap jenis usaha harus memiliki situs website sendiri. Kamu juga dapat menambahkan hal-hal ini seperti kontak, alamat, dan lokasi usaha di laman website yang dapat membantu calon maupun pelanggan untuk menghubungi dan mengunjungi usahamu.

2. Riset Kompetitor Usaha
Persaingan dalam usaha selalu, maka kamu harus mempelajari dan membuat strategi untuk menjadikan usaha kamu bersaing dengan usaha sejenis.

3. Buat Kata Kunci Berdasarkan Lokasi
Buatlah kata kunci yang berkaitan dengan lokasi berguna untuk calon konsumen yang sedang mencari barang atau jasa di lokasi tersebut menggunakan pencarian Google.

4. Manfaatkan Google Ads
Pelaku usaha dapat memanfaatkan fasilitas Google Ads untuk menaikkan posisi website dalam peringkat atas pencarian google.

5. Iklan menggunakan Facebook Ads
Facebook merupakan platform media sosial terbesar di dunia. Kamu dapat meningkatkan menguatkan branding dengan memposting gambar, video, aplikasi dan lain-lain dengan melalui Facebook Ads.

6. Aktif di Media Sosial
Pelaku usaha perlu membuat akun khusus bisnis di berbagai platform seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan sosial media sejenis. Kamu perlu memposting konten yang terkait dengan usaha Anda untuk meningkatkan brand awareness.

7. Buat Laman yang Mudah Dikenali
Menurut sebuah penelitian ditemukan lebih dari 58 persen pencarian terjadi dengan ponsel. Pelaku usaha perlu membuat situs web yang ramah seluler untuk menjangkau lebih banyak orang.

8. Buat Video Bisnis
Youtube berkembang cepat seiring dengan peningkatan jumlah pengguna dan viewer. Pelaku usaha dapat membuat video yang menceritakan bisnis Anda seperti latar belakang, proses, tutorial, video produk, dan lain-lain.

9. Pemasaran via Email
Pelaku usaha dapat menawarkan barang atau jasa melalui email dengan mengirimkan email penawaran atau katalog produk yang menarik.

10. Daftarkan Bisnismu di Google Bisnisku
Apakah kamu ingin menarik lebih banyak pelanggan maka Google Bisnisku dapat dijadikan alat yang membantumu dalam menciptkan profil bisnis yang dapat muncul pada pencarian googgle dan Google maps.

***

GN/LM

Supeno

2 Mei 2020 | 22:54:15 WIB 4 tahun lalu

Bos ukm

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x