Bermodal Tabungan, Yukka Sukses Kembangkan Brodo
Jumat, 22 Februari 2019 | 15:00 WIB
Brilian - Brodo merupakan salah satu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang berkembang dan akhirnya sukses naik kelas. Sosok dibalik kesuksesan bisnis sepatu ini adalah Yukka Harlanda yang merupakan founder Brodo.
Pria bernama lengkap Muhammad Yukka Harlanda itu memulai usaha sepatu dengan mengusung brand Brodo ketika masih duduk di bangku kuliah di Bandung. Dengan modal uang tabungan, dia membuat beberapa pasang sepatu kemudian memasarkannya kepada teman-teman di kampusnya.
Setelah lulus kuliah, Yukka terus melanjutkan bisnisnya. Seiring perjalanan waktu, usahanya semakin berkembang sehingga dia meminjam uang ke bank untuk ekspansi bisnis.
Dalam memasarkan produknya, Yukka menggunakan sistem penjualan offline dan online. Dia juga mendistribusikan profuknya ke distribution outlet (distro). Cara pemasaran online digunakan untuk membangun brand Brodo agar dikenal luas.
Dari dua sistem penjualan yang dilakukan, ternyata lebih besar melalui online. Karena itu penjualan sepatu Brodo dilakukan secara online.
Kunci sukses Yukka mengembangkan bisnisnya adalah memperlakukan customer seperti teman. Dengan begitu, mereka akan merasa nyaman dalam membeli produk yang ditawarkan. Selain itu bukan tidak mungkin mereka akan menceritakan kepada teman-temannya.
Momen Asian Games 2018 lalu dimanfaatkan Brodo untuk memperkenalkan brand-nya ke pasar global. Saat itu, Brodo memproduksi 1.000 pasang sepatu dengan sembilan desain sesuai tema Asian Games.
Setiap desain diproduksi lebih dari 100 pasang. Sepatu yang diproduksi terdiri dari dua jenis, sneakers dan slip-on. Di setiap sepatu disisipkan desain logo, maskot, dan warna yang bercirikan Asian Games 2018.
“Kita bisa dapat awareness dari dunia internasional. Kita harapkan juga jadi batu pijakan untuk go international. Dari sisi komersial saja, kita rasa besar banget. Jadi, momen pas buat kita," kata Yukka saat itu.