Tiga Waralaba Indonesia Rambah Pasar Korsel
Rabu, 9 Maret 2022 | 14:30 WIB
Brilian - Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus berupaya memacu pertumbuhan bisnis waralaba. Kemendag menggandeng tiga merek waralaba nasional yakni Kebab Baba Rafi, Bakso Alex dan Bambu Spa untuk menembus pasar Korea Selatan.
Ketiga merek waralaba nasional digandeng Kemendag untuk mengenalkan bisnis waralaba kepada para peserta seminar kewirausahaan yang diprakarsai Kemendag dan Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Busan di Dong-A University, Busan, Korsel. Pesertanya terdiri dari diaspora dan pekerja migran Indonesia, termasuk para pelajar Indonesia.
Usai acara, tiga merek waralaba nasional tersebut menandatangani kerja sama perdagangan dengan calon mitra di &039;Negeri Ginseng&039; senilai 1,245 miliar dolar AS.
"Bisnis waralaba perlu didorong agar semakin berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi nasional dan mengangkat nilai produk dalam negeri dalam bentuk kerja sama bisnis," ujar Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Tjahya Widayanti dalam keterangan tertulisnya
Tjahya berharap minat kerja sama calon mitra waralaba Indonesia yang berhasil dikumpulkan dapat meningkatkan daya saing merek waralaba Indonesia di luar negeri.
Saat ini sejumlah merek waralaba Indonesia telah menembus pasar luar negeri yakni J.Co Dunuts & Coffe, Alfamart dengan 174 gerai di Filipina, Baba Rafi dengan 60 gerai yang tersebar di Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Filipina, Srilanka, Bangladesh, Cina, dan Belanda.
Tjahya menambahkan, pertumbuhan waralaba di Indonesia cukup pesat. Sebanyak 555 merek usaha dengan jumlah 45 ribu gerai yang berpotensi diwaralabakan. Sistem waralaba dapat dijalankan dengan risiko minimal meski belum pelaku usahanya belum memiliki cukup pengalaman dalam berbisnis.