Ingin Keuntungan Bertambah? Ini 5 Cara Meningkatkan Penjualan

Kamis, 15 November 2018 | 09:35 WIB

Ilustrasi penjualan suvenir (Pxhere)

BRI - Meningkatkan penjualan tentu menjadi keinginan seorang pelaku bisnis karena berarti keuntungan juga akan bertambah. Penjualan akan menentukan kesuksesan sebuah usaha baik skala kecil, menengah maupun besar. 

Namun untuk memastikan penjualan terus meningkat bukan pekerjaan mudah. Berikut tips sukses untuk meningkatkan penjualan yang dapat Anda terapkan dalam bisnis Anda:

1. Menyenangkan pelanggan
Ada banyak cara untuk menyenangkan pelanggan. Misalnya dengan mendesain tempat usaha Anda seunik dan menarik mungkin sehingga pelanggan merasa nyaman. Selain itu ciptakan suasana ramah ketika pelanggan datang ke tempat usaha Anda.

Selain dari sisi pelanggan, Anda juga harus memastikan karyawan bekerja dengan perasaan senang. Ciptakan keselarasan dalam bekerja sehingga karyawan merasa bahagia dan termotivasi saat berinteraksi dengan pelanggan.

2. Meningkatkan kualitas produk
Salah satu cara meningkatkan penjualan adalah dengan terus meningkatkan nilai dan kualitas produk Anda. Dengan terus meningkatkan kualitas produk akan menambah kepercayaan pelanggan, tidak hanya pada produk tetapi juga brand usaha Anda.

3. Meningkatkan jumlah pesanan
Upselling adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan penjualan. Caranya dengan menjual lebih banyak produk kepada pelanggan yang sudah memiliki niat untuk membeli.

Karena pelanggan sudah berada dalam pola pikir untuk membeli, Anda bisa menawarkan kepada mereka untuk menambah jumlah pesanan. Anda bisa menawarkan produk lain yang berkaitan dengan produk yang ingin dibeli.

4. Membuat program promosi
Cara lain untuk meningkatkan penjualan dengan memberikan promo dalam waktu singkat. Misalnya Anda bsia memberikan diskon dalam presentase tertentu kepada pelanggan yang datang dan membeli produk apapun pada hari itu. Anda juga bisa memberikan satu produk gratis untuk pembelian produk tertentu.

5. Komunikasi after sales
Ketika Anda mendapatkan pelanggan baru, penting untuk tetap menjalin komunikasi dengan mereka setelah pembelian. Dengan menjalin komunikasi, Anda bisa menemukan cara untuk meningkatkan loyalitas mereka terhadap bisnis Anda.

Dalam menjalankan bisnis, penting untuk mendapatkan sebanyak mungkin informasi tentang pelanggan seperti nama, e-mail, nomor telepon dan lain-lain. Sebagian besar sistem kasir memungkinkan Anda menyimpan data pelanggan pada saat melakukan transaksi penjualan.

Dengan menyimpan data pelanggan, Anda dapat mengetahui produk apa yang biasanya dibeli pelanggan tertentu dan frekuensi kedatangan mereka. Dengan mengetahui data pelanggan, Anda bisa membangun hubungan yang baik dengan memberikan rekomendasi produk tertentu disukai.

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x