Tips Sukses Mengembangkan Bisnis Oleh-oleh
Sabtu, 3 November 2018 | 09:49 WIB
Brilian - Ketika bisnis sudah berjalan di atas rel yang benar, langkah selanjutnya adalah mengembangkannya agar menjadi besar. Tak terkecuali jika Anda menekuni bisnis oleh-oleh khas daerah.
Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis oleh-oleh khas daerah. Selain menambah modal usaha, berikut tips mengembangkan usaha oleh-oleh khas daerah:
1. Kreatif dan inovatif
Tidak ada bisnis yang sukses tanpa kreativitas dan inovasi. Untuk mengembangkan bisnis oleh-oleh khas daerah juga dibutuhkan kreativitas dan inovasi.
Terus cari ide kreatif dan kreasikan dalam bentuk produk yang menarik. Kreasi dan inovasi tidak hanya akan meningkatkan omzet penjualan tetapi juga memberi konsumen banyak pilihan sehingga tidak bosan dengan produk yang itu-itu saja.
2. Memberikan sentuhan modern
Ketika Anda memutuskan memulai bisnis oleh-oleh khas daerah konsekuensinya harus ada unsur atau ciri khas daerah. Namun bukan berarti Anda tidak bisa memberikan sentuhan modern.
Anda bisa memberikan sentuhan modern pada bentuk, warna, rasa atau kemasan. Misalnya membuat kemasan yang kekinian atau mengkreasikan produk dengan rasa yang sedang digemari.
3. Gencar promosi melalui media sosial
Media sosial efektif untuk mempromosikan produk dan memperluas pangsa pasar. Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook dan Instagram untuk mempromosikan oleh-oleh khas daerah baik secara gratis maupun berbayar. Tinggal sesuaikan dengan target dan budget Anda.
4. Mengikuti bazar
Bazar menjadi salah satu cara mengembangkan bisnis oleh-oleh khas daerah. Selain produk lama, Anda bisa menggunakan bazar untuk mempromosikan produk baru. Selain itu, bazar juga menjadi peluang untuk membangun jaringan dan memperluas pasar.
5. Terbuka terhadap kritik
Salah satu hal yang ikut menentukan kesuksesan dalam mengembangkan usaha adalah tebuka menerima keluhan atau kritik dari konsumen. Anda bisa menjadikan keluhan atau kritik dari konsumen sebagai bahan untuk memperbaiki kualitas, pelayanan dan lain-lain.