3 Strategi Ekspor Produk Furniture
Rabu, 31 Oktober 2018 | 09:54 WIB
Brilian - Dalam bisnis, memperluas pasar dengan melakukan ekspor membutuhkan proses. Jika usaha Anda adalah mebel atau furniture, pastikan produk yang diekspor berkualitas dan memenuhi standar layak ekspor baik secara nasional maupun international.
Agar kegiatan ekspor dapat terus berjalan, Anda harus terus meningkatkan kualitas produk sehingga semakin mendapat kepercayaan pembeli. Untuk mendapatkan pembeli dari mancanegara, ada beberapa strategi yang bisa Anda lakukan:
1. Mengikuti pameran
Salah satu cara untuk mengenalkan produk dan meningkatkan penjualan dengan mengikuti pameran, baik yang diselenggarakan instansi pemerintah maupun swasta. Dengan rutin mengikuti pameran akan meningkatkan brand dan memperluas pasar baik di dalam negeri maupun mancanegara.
Pemeran tidak hanya diselenggarakan di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. Biasanya pameran di luar negeri diselenggarakan Kedutaan Besar Indonesia dengan memamerkan produk-produk lokal. Ini menjadi kesempatan Anda untuk membuka pasar di luar negeri. Namun untuk berpartisipasi dalam tentu ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.
2. Toko online
Dengan kemajuan teknologi digital, memiliki toko online sudah menjadi keharusan ketika menjalankan sebuah bisnis. Apalagi jika bisnis Anda berorientasi ekspor.
Toko online dapat membantu pemasaran dan penjualan produk dengan pangsa pasar yang luas. Keberadaan toko online akan memudahkan buyer International mencari dan menemukan bisnis Anda di internet. Selain itu mereka bisa langsung berkomunikasi dengan Anda.
3. Menjadi mitra binaan BUMN
Beberapa BUMN memliliki program pemberdayaan usaha masyarakat. Dengan menjadi mitra binaan BUMN, Anda akan banyak terbantu dalam melakukan kegiatan ekspor.
Melalui programnya, BUMN akan membantu usaha binaannya menjadi besar dan memperluas pasar baik lokal maupun mancanegara. Selain itu dengan menjadi mitra binaan BUMN, Anda juga berpeluang mengikuti pameran di luar negeri.