UMKM Agradaya Berhasil Ekspor Kemiri ke Arab Saudi Senilai Rp2,4 Miliar

Jumat, 28 Februari 2025 | 08:00 WIB

Ilustrasi hasil kemiri

LINK UMKM -  PT Agraria Indonesia Berdaya (Agradaya), salah satu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) binaan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo), berhasil menjalin kerjasama ekspor yang signifikan dengan perusahaan asal Jeddah, Arab Saudi. Melalui penandatanganan memorandum of understanding (MoU) dengan Rose Asia Est For Foodstuffs, Agradaya berhasil menandatangani kesepakatan untuk mengekspor komoditas kemiri senilai USD 150 ribu, setara dengan sekitar Rp2,4 miliar, untuk jangka waktu dua tahun ke depan.

Penandatanganan kesepakatan ini dilakukan oleh Direktur Agradaya, Andhika Mahardika, dan perwakilan dari Rose Asia Est For Foodstuffs, Mohammed Salim Al Saiari. Dalam keterangannya, Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo, Ardhy Wahyu Basuki, mengungkapkan komitmen Pelindo dalam mendorong UMKM binaannya agar naik kelas dan berkembang lebih pesat. Ia menekankan bahwa program-program seperti Maritimepreneur, UMKM Akselerator, dan Program Gedor Ekspor menjadi salah satu cara untuk membantu UMKM menembus pasar global.

Keberhasilan Agradaya dalam menembus pasar ekspor ke Jeddah, menurut Ardhy, juga menunjukkan bahwa program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pelindo, yang fokus pada pemberdayaan ekonomi, berjalan dengan efektif. Dengan keberhasilan ini, Agradaya pun dapat naik kelas ke program Gedor Ekspor yang lebih tinggi. 

Penandatanganan MoU tersebut juga merupakan tindak lanjut dari partisipasi Agradaya dalam Trade Expo Indonesia 2023-2024. Melalui program pitching dan business matching yang didukung oleh Kementerian Perdagangan, Pelindo optimis akses pasar bagi UMKM binaannya akan semakin terbuka luas. 

Sementara itu, Febrianto Zenny, Departemen Head Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Pelindo, menambahkan bahwa sebagai bagian dari program TJSL, Agradaya bersama puluhan kelompok UMK lainnya mendapatkan berbagai dukungan untuk meningkatkan kapasitas bisnis mereka. Pelindo tidak hanya mengkurasi dan menginkubasi UMKM, tetapi juga memfasilitasi pemasaran produk mereka melalui berbagai inisiatif, termasuk pengembangan gerai Local Pride Spot, partisipasi dalam pameran nasional dan internasional, serta penyelenggaraan business matching.

Dengan dukungan yang berkelanjutan dari Pelindo, Agradaya diharapkan dapat terus berkembang dan menjadikan produk-produk UMKM Indonesia semakin dikenal di pasar global.

***

ALP/NS

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x