BRI UMKM EXPO(RT) 2025: Pameran Terbesar yang Membuka Peluang Global bagi UMKM Indonesia

Senin, 3 Februari 2025 | 10:00 WIB

BRI UMKM EXPO(RT) 2025 digelar untuk keenam kalinya, mendukung pengusaha kecil dan menengah serta memperluas akses mereka ke pasar internasional.

LINK UMKM -  BRI UMKM EXPO(RT) 2025, yang merupakan acara tahunan dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI), kembali digelar untuk yang keenam kalinya. Acara ini bertujuan untuk memberikan dampak yang signifikan bagi pengusaha kecil dan menengah di Indonesia, sekaligus memperluas akses mereka ke pasar internasional.

Mengusung tema “Broadening MSME’s Global Outreach,” pameran ini akan berlangsung pada 30 Januari hingga 2 Februari 2025 di ICE BSD City, Tangerang, dan diharapkan menjadi platform bagi UMKM Indonesia untuk mengembangkan daya saing mereka di pasar global. Acara ini juga memberikan peluang kolaborasi bisnis baru yang dapat mendukung UMKM untuk naik kelas.

Direktur Commercial, Small, and Medium Business BRI, Amam Sukriyanto, menyampaikan bahwa pameran ini merupakan bagian dari upaya BRI untuk memperkuat kapabilitas UMKM melalui berbagai program pemberdayaan seperti Rumah BUMN, BRIncubator, Growpreneur by BRI, dan Pengusaha Muda Brilian. Dengan dukungan tersebut, sebanyak 1.000 UMKM unggulan berhasil lolos seleksi dari 3.006 pendaftar yang mengikuti proses seleksi ketat pada November hingga Desember 2024.

Produk-produk yang akan dipamerkan di BRI UMKM EXPO(RT) 2025 meliputi lima kategori utama: Home Decor & Craft (153 UMKM), Food & Beverage (358 UMKM), Accessories & Beauty (181 UMKM), Fashion & Wastra (273 UMKM), serta Healthcare & Wellness (35 UMKM). Menurut Direktur Utama BRI, Sunarso, acara ini tidak hanya bertujuan memperluas jaringan pasar UMKM, tetapi juga menciptakan lebih banyak lapangan kerja produktif yang pada akhirnya akan memperkuat perekonomian nasional.

BRI UMKM EXPO(RT) 2025 diperkirakan akan melanjutkan tren positif yang tercatat sejak pertama kali diselenggarakan pada 2019. Pada 2023, nilai kesepakatan bisnis melalui program business matching tercatat sebesar US$81,3 juta, dengan melibatkan 86 pembeli dari 30 negara. Hal ini menunjukkan keberhasilan BRI dalam memfasilitasi UMKM Indonesia untuk menembus pasar internasional.

Acara ini juga akan menghadirkan berbagai kegiatan menarik, seperti Partner Gathering, Talkshow, Workshop, dan kompetisi kreatif seperti Indonesia Barista Championship dan Indonesia Brewers Cup Championship. Selain itu, Nusantara Culinary dan Fashion Show juga akan menjadi daya tarik utama bagi pengunjung. Sebagai bagian dari rangkaian acara, BRI juga akan mengadakan BRI Microfinance Outlook 2025, yang mengangkat tema “Empowering the People’s Economy: A Pillar for Achieving Inclusive and Sustainable Growth.” Forum ini akan menghadirkan narasumber terkemuka, termasuk Menteri Keuangan Sri Mulyani, penerima Nobel Ekonomi Paul Romer, dan Chief Economist Asian Development Bank Albert Francis Park.

Dalam mendukung transformasi digital UMKM, BRI menyediakan berbagai layanan unggulan, seperti BRImo dan Qlola, yang membantu pelaku usaha dalam kelancaran operasional bisnis mereka. Diana Nazir, seorang Interior Designer dan Kurator acara, menyampaikan bahwa ekosistem digital BRI sangat memudahkan pelaku usaha menjalankan bisnis mereka. Hal yang sama juga diungkapkan oleh Dimas Wibisono, Operational Director Djalin Design, yang mengapresiasi kemudahan transaksi melalui layanan digital BRI.

Dengan segala inisiatif strategis yang ada, BRI UMKM EXPO(RT) 2025 diharapkan dapat menjadi katalisator utama yang mendorong pertumbuhan UMKM Indonesia di pasar global serta memperkuat ekonomi rakyat Indonesia.

***

NS/ALP

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x