Mengubah Toko Kecil di Depok Menjadi Bisnis Dapur Online Terbesar: Cerita Jony Kosasih

Jumat, 30 Agustus 2024 | 11:00 WIB

Ilustrasi Jony Kosasih

LINK UMKM - Mewarisi bisnis keluarga yang sudah ada selama puluhan tahun ternyata bukanlah hal yang gampang. Agar tetap bisa sukses di tengah perkembangan zaman, penting banget untuk terus berinovasi. Itulah yang dilakukan Jony Kosasih supaya toko perlengkapan dapur keluarganya nggak cuma bertahan, tapi juga berkembang.

Jony, sebagai penerus bisnis yang ada di Depok, Jawa Barat, tahu kalau dia perlu melakukan perubahan. Dia merasa cuma menunggu pelanggan datang ke toko itu nggak cukup. Makanya, dia memutuskan untuk melebarkan sayap bisnis ke dunia online. Dengan nama Dapur Oke, Jony meluncurkan toko online pertamanya di Lazada pada tahun 2018. Jony punya cita-cita besar supaya tokonya bisa jadi tempat belanja utama untuk perlengkapan dapur dan peralatan makan di Indonesia.

Menurut Jony, dapur itu bagian penting dari kehidupan keluarga di rumah, jadi perlengkapan dapur harus berkualitas dan punya tampilan yang oke. Jony mengatakan kalau dia percaya dapur adalah jantung rumah. Dari pengalaman pribadinya, ibu selalu memasak dengan penuh cinta di dapur, dan mereka semua menunggu masakan ibu dengan penuh semangat. Keluarganya sering berkumpul di dapur, jadi Jony merasa penting untuk menyediakan perlengkapan dapur yang bisa mendukung aktivitas keluarga sekaligus membuat dapur tetap rapi dan estetik.

Jony ingin dapur semua orang bisa jadi lebih teratur, keren, dan elegan, sesuai dengan makna dari nama “OKE”. Hingga saat ini, Dapur Oke sudah melayani banyak pelanggan dengan puluhan ribu pengikut yang selalu menunggu berbagai promo menarik.

Untuk memberikan layanan yang terbaik, Jony selalu update dengan tren pasar terbaru dan rutin mencari produk berkualitas yang banyak dicari. Meskipun margin keuntungannya kecil, produk-produk seperti tempat air, tempat makan, piring, dan gelas yang banyak diminati bisa menarik pelanggan untuk berbelanja di tokonya, dan bahkan membeli produk lain.

Jony memanfaatkan fitur Lazada Business Advisor yang ada di dasbor khusus penjual, Lazada Seller Center, untuk mengidentifikasi peluang. Fitur ini membantu Jony mendapatkan data dan informasi tentang kinerja toko serta tren dan minat terbaru konsumen. Dengan data ini, Jony bisa tahu produk apa yang laris dan yang kurang laku, serta produk yang sedang banyak dicari. Jadi, dia bisa melakukan restock barang dengan lebih tepat dan efisien.

Sejak meluncurkan toko online, Jony berhasil memperluas jangkauan pelanggannya dan meningkatkan penjualan secara signifikan. Jumlah produk di tokonya kini lebih dari 2.000 SKU, mendekatkan dia pada tujuannya untuk menjadikan Dapur Oke sebagai destinasi belanja lengkap untuk perlengkapan dapur dan peralatan makan. Jony terus berusaha melayani pelanggan dengan baik dan memberdayakan penjual lainnya di platformnya.

***

NNA

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x