Delivery Online Kuliner: Taklukkan Persaingan dengan Strategi Jitu

Kamis, 6 Juni 2024 | 08:00 WIB

Ilustrasi Delivery Online Kuliner (Kompas.com)

LINK UMKM - Masa kejayaan delivery online di masa pandemi telah memudar seiring transisi menuju new normal. Masyarakat kembali berbondong-bondong menyantap hidangan di tempat, meninggalkan kebiasaan memesan online. Namun, bukan berarti kiamat bagi bisnis delivery online kuliner! Dilansir dari Kompas.com, berikut strategi jitu agar bisnis Sobat LinkUMKM tetap eksis dan bersinar.

1. Tingkatkan Layanan dengan Inovasi

Saat ini, masyarakat lebih cenderung menggunakan satu aplikasi untuk belanja online, biasanya yang memiliki banyak keuntungan. Sobat LinkUMKM harus terus berinovasi untuk membuat konsumen setia dan memilih layanan Sobat LinkUMKM. Sobat LinkUMKM dapat menciptakan sesuatu yang berbeda dari kompetitor dalam hal layanan, biaya, dan kemudahan lainnya.

2. Melakukan Segmentasi Pasar

Segmentasi adalah salah satu strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja layanan delivery online. Ini adalah tindakan untuk memilah pelanggan potensial tertarget ke dalam kategori yang lebih spesifik. Salah satunya dengan menetapkan bagian waktu khusus untuk pengiriman. Sebagai contoh, perhatikan waktu antara sarapan dan makan siang, atau bahkan bisa di antara makan siang dan makan malam. Pilih waktu yang tepat, terutama ketika karyawan ingin ngemil tapi tidak bisa meninggalkan pekerjaan mereka, karena mereka lebih suka memesan makanan melalui layanan pengiriman online.

3. Berikan Promosi

Memberikan promosi adalah strategi efektif untuk membantu bisnis delivery online. Promosi ini dapat berupa diskon, reward, atau bahkan cashback. Jangan memberikan promosi secara asal kepada calon pelanggan karena ini dapat menjadi tidak efektif jika tidak dilakukan secara menyeluruh. Salah satunya dengan membatasi promosi selama periode waktu tertentu. Ambil, sebagai contoh, mengadakan promosi hanya dilakukan pada jam malam atau pada waktu tertentu. Potongan sepuluh persen khusus dari jam 10.00 hingga 22.00 WIB atau cashback sepuluh persen untuk pembelian senilai minimal Rp100.000.

4. Tawarkan Layanan Ekstra

memberikan layanan ekstra menjadi strategi penting bagi bisnis delivery online kuliner untuk tetap eksis dan bersaing. Strategi ini dapat diterapkan di waktu-waktu tertentu, seperti saat jam sibuk, untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi beragam pelanggan. Tawarkan opsi pengantaran ekspres dengan biaya tambahan bagi pelanggan yang membutuhkan pesanan mereka segera.

Dengan menerapkan strategi layanan ekstra yang tepat dan terarah, bisnis delivery online kuliner Sobat LinkUMKM dapat menjangkau lebih banyak pelanggan, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan memperkuat daya saing di era new normal.

***

FF/NAH

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x