Makin Untung dengan Soft Launching Produk Baru

Minggu, 12 Mei 2024 | 08:00 WIB

Ilustrasi Soft Launching (Kompas.com)

LINK UMKM - Di dunia bisnis, meluncurkan produk atau layanan baru adalah momen penting untuk memperkenalkan diri kepada pelanggan. Nah, untuk memastikan kelancaran peluncuran ini, Sobat LinkUMKM bisa memanfaatkan strategi soft launching.

Soft launching adalah strategi merilis produk atau layanan kepada sekelompok kecil pelanggan sebelum peluncuran resminya. Dengan cara ini, Sobat LinkUMKM bisa mendapatkan feedback dari pelanggan untuk meningkatkan kualitas produk atau layanan sebelum terjun ke persaingan pasar. Dilansir dari Kompas.com, soft launching menawarkan banyak keuntungan bagi bisnis, di antaranya:

1. Hemat Biaya, Maksimalkan Publikasi

Soft launching menawarkan keuntungan biaya yang minim. Dengan usaha minimal, produk dapat dipublikasikan dan dikenalkan kepada pelanggan. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk menghemat anggaran marketing sambil tetap membangun brand awareness.

2. Uji Coba dan Minimalisir Risiko

Soft launching menjadi metode tambahan untuk uji coba produk atau layanan. Di tahap ini, produk dipakai oleh pelanggan terpilih untuk mendapatkan masukan dan mengidentifikasi potensi masalah. Hal ini membantu meminimalisir risiko turunnya reputasi brand jika produk masih perlu diperbaiki.

3. Menarik Pelanggan

Soft launching dapat menarik minat pelanggan untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk dan menanti peluncuran resminya. Pelanggan akan penasaran dengan perubahan dan pengembangan yang dilakukan setelah soft launching. Strategi ini dapat meningkatkan antusiasme dan potensi penjualan saat peluncuran resmi.

4. Mendapatkan Feedback

Masukan dari pelanggan terpilih selama soft launching sangat berharga untuk pengembangan produk. Umpan balik ini membantu perusahaan mengidentifikasi kekurangan, memprioritaskan perubahan, dan mengoptimalkan pengalaman pelanggan.

5. Sempurnakan Produk dan Hindari Kegagalan

Masukan dari soft launching dapat menjadi senjata ampuh untuk memperbaiki kekurangan dan masalah produk. Hasilnya pun dapat membantu perusahaan memutuskan apakah produk tersebut layak diluncurkan secara resmi atau perlu dimodifikasi lebih lanjut untuk mencapai target yang diharapkan.

Dengan strategi yang tepat, soft launching dapat menjadi langkah awal yang sukses untuk peluncuran produk yang mengesankan dan menguntungkan.

***

FF/NAH

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x