Optimal Waktu Mempekerjakan Karyawan
Kamis, 9 Mei 2024 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Sebagai wirausahawan, Sobat LinkUMKM tidak hanya fokus pada penjualan produk. Salah satu pertanyaan penting adalah kapan waktu yang tepat untuk merekrut karyawan?
Mempekerjakan orang lain bisa membantu Sobat LinkUMKM mencapai visi dan misi, serta mengembangkan bisnis. Namun, di sisi lain, hal ini juga bisa menjadi tantangan. Bagaimana jika karyawan baru tidak mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya?
Bisnis, terutama UMKM, perlu bertumbuh dan berkembang. Sobat LinkUMKM tidak bisa melakukan semuanya sendiri. Berikut beberapa tanda yang menunjukkan bahwa Sobat LinkUMKM sudah siap merekrut karyawan pertama, dilansir dari Kompas.com.
1. Ketika Beban Kerja Sudah Berlebih
Bagi para pelaku UMKM yang memulai usaha sendirian, seiring perkembangan bisnis, beban kerja akan terus bertambah. Bila Sobat LinkUMKM merasa kewalahan dan tidak bisa lagi menangani semua pekerjaan sendirian, maka inilah saatnya untuk merekrut karyawan. Pastikan Sobat LinkUMKM memilih karyawan yang memiliki etos kerja yang sama dengan Sobat LinkUMKM dalam membangun bisnis.
2. Saat Tugas dan Tanggung Jawab Jelas
Mempekerjakan karyawan baru tepat dilakukan ketika Sobat LinkUMKM sudah memiliki gambaran yang jelas mengenai tugas, tanggung jawab, dan ekspektasi terhadap mereka. Hindari merekrut karyawan jika Sobat LinkUMKM belum yakin dengan peran mereka dalam bisnis. Jika Sobat LinkUMKM membutuhkan pengetahuan atau bantuan di bidang tertentu, namun belum yakin seperti apa bentuknya, rekrutlah profesional untuk memberikan arahan, bukan karyawan baru.
3. Saat Keahlian Tertentu Diperlukan
Kemampuan karyawan akan menentukan kemajuan perusahaan. Oleh karena itu, rekrutlah karyawan yang memiliki keahlian yang Sobat LinkUMKM butuhkan untuk bisnis. Contohnya, di era digital ini, keterampilan pemasaran media sosial sangatlah penting. Jika Sobat membutuhkannya, rekrutlah karyawan untuk mengelola media sosial bisnis Sobat LinkUMKM atau desainer grafis untuk membuat konten media sosial yang menarik.
***
FF/NAH