Kuasai Media Sosial, Raih Pelanggan di Sekitarmu
Senin, 13 Mei 2024 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Membuka usaha di lokasi strategis memang penting, tapi tidak cukup untuk menarik pembeli. Agar orang-orang mengetahui keberadaan bisnismu, kamu perlu melakukan strategi membangun kesadaran merek (brand awareness). Artikel ini, yang diadaptasi dari Kompas.com, membahas strategi kunci untuk meningkatkan brand awareness bisnis Sobat LinkUMKM di lokasi baru.
Maksimalkan Profil Media Sosial
Untuk membuat profil bisnis Sobat LinkUMKM dikenal oleh orang-orang terdekat dari lokasi, Sobat LinkUMKM bisa masukkan alamat di bio. Jangan lupa untuk menyertakan contact person dan tautan atau link ke website. Orang-orang di sekitar lokasi bisnis Sobat LinkUMKM dapat langsung berkunjung dengan mencantumkan alamat di bio. Dengan demikian, mereka mengetahui keberadaan bisnis Sobat LinkUMKM dan dapat menyarankannya kepada orang-orang di sekitar. Sobat LinkUMKM yang menjalankan bisnis kuliner dapat memanfaatkan fitur "near me" yang tersedia di aplikasi Gofood, Shopeefood, dan Grabfood. Resto Sobat LinkUMKM juga akan dilihat oleh pelanggan saat mereka memesan makanan di situs web.
Pakai Hashtag Lokasi
Di era digital ini, media sosial menjadi platform penting untuk menjangkau pelanggan dan mengembangkan bisnis. Setelah melengkapi profil, langkah selanjutnya adalah memanfaatkan hashtag dan konten menarik untuk meningkatkan brand awareness dan menarik pelanggan terdekat. Sertakan hashtag yang relevan dengan lokasi bisnis Sobat LinkUMKM di setiap unggahan. Ini membantu orang menemukan rekomendasi tempat dan meningkatkan visibilitas bisnis Sobat LinkUMKM di area lokal. Calon pelanggan yang mencari produk atau layanan di sekitar Sobat LinkUMKM dapat menemukan bisnis Sobat LinkUMKM dengan mudah melalui hashtag yang tepat. Tampilkan spot terbaik di bisnis Sobat LinkUMKM dalam format video reels yang menarik di Instagram atau TikTok. Sobat LinkUMKM juga bisa mengikuti tren konten terbaru di media sosial untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan menarik perhatian pembeli.
Dengan menggabungkan kedua strategi tersebut, Sobat LinkUMKM dapat memaksimalkan jangkauan media sosial, menarik lebih banyak pelanggan lokal, dan meningkatkan peluang penjualan. Ingatlah untuk selalu konsisten dalam upaya Sobat LinkUMKM dan terus bereksperimen dengan strategi baru untuk menemukan apa yang paling cocok untuk bisnis Sobat LinkUMKM.
***
FF/NAH