Peluang dan Strategi Dyn Clothingline Menembus Pasar Internasional
Jumat, 12 Januari 2024 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Industri fesyen di Indonesia mengalami pertumbuhan yang pesat. Hal ini dipengaruhi oleh pertumbuhan ekonomi yang positif dan kesadaran masyarakat akan pentingnya tren fesyen kekinian. Pertumbuhan ini membuka peluang bagi pengusaha fesyen untuk mengembangkan bisnis mereka. Namun, pelaku usaha perlu menerapkan strategi bisnis yang tepat agar produk mereka memiliki nilai lebih dan dapat bersaing.
“Ada enam strategi bisnis yang perlu dilakukan para pelaku usaha fashion terutama lokal brand agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Strategi ini yang masih terus kami jalankan, untuk memastikan produk-produk kami adalah yang dibutuhkan pelanggan,” kata Founder Dyn Clothingline Diana Fatimah Azzahra, Dalam acara seminar, workshop & Community di BSD City Hall.
Dilansir dari Media Indonesia, pada acara tersebut, Diana menyampaikan bahwa penting bagi pelaku industri fesyen untuk terus berinovasi dalam menciptakan produk baru. Selain itu, pelaku industri fesyen juga perlu beradaptasi dengan teknologi digital untuk memperluas jangkauan pasar. Hal yang tidak kalah penting adalah memperkuat kesesuaian pasar dan branding yang dibutuhkan pelanggan.
Selain memahami kebutuhan pelanggan, pelaku industri fesyen juga perlu menjaga kualitas pelayanan agar produk mereka tetap menjadi pilihan para pecinta fesyen. Diana menambahkan bahwa memperluas saluran penjualan juga penting untuk memperluas jangkauan produk. Selain itu, mengikuti berbagai acara fashion show juga dapat membantu memperkuat branding.
Diana memanfaatkan platform media sosial untuk memperkuat brandingnya. Untuk mengelola media sosial, Diana membuat konten menarik, seperti foto, video, hingga vlog singkat yang diunggah di Instagram. Konten-konten tersebut tidak hanya menampilkan produk, tetapi juga proses kreatif Diana dalam menciptakan produk hingga dipasarkan. Selain itu, konten-konten tersebut juga diperkuat dengan story telling dan mengikuti tren yang sedang viral di berbagai platform media sosial. Selain itu, Diana juga mengadakan giveaway untuk pengikutnya untuk menarik engagement pelanggan.
Diana juga menekankan pentingnya memperkuat desain yang diminati target pasar dan mengevaluasi produk yang paling diminati pelanggan. Pelaku usaha fesyen dapat meningkatkan peluang keberhasilan di era digital dengan menerapkan riset dan strategi bisnis yang tepat.
***
FF/NAH