Mengenal Apa Itu Performance Review

Kamis, 11 Januari 2024 | 08:00 WIB

Ilustrasi Perfomance Review (tempo.co)

LINK UMKM - Perfomance review atau penilaian kinerja adalah proses untuk mengevaluasi kinerja karyawan, termasuk kontribusinya terhadap perusahaan. Penilaian ini digunakan untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan karyawan, menetapkan tujuan, dan memberikan umpan balik. Beberapa perusahaan melakukan penilaian kinerja setiap tahun, bulanan, atau triwulanan.

Mengutip Tempo.co, Penilaian kinerja dapat membantu karyawan memahami kinerja mereka saat ini dan bagaimana mereka dapat berkembang di masa depan. Penilaian ini juga dapat membantu karyawan memahami bagaimana pekerjaan mereka selaras dengan tujuan perusahaan.

Metode Performance Review

Evaluasi esai: Karyawan atau penilai menulis esai singkat yang merangkum kelebihan dan kelemahan karyawan. Pendekatan ini menghasilkan penilaian yang menyeluruh, tetapi memakan waktu.

Evaluasi diri: Karyawan mengisi formulir evaluasi diri untuk merefleksikan kinerja dan perilaku mereka. Evaluasi ini membantu manajemen membandingkan pandangan mereka dengan karyawan.

Checklist skala: Penilai mengisi pertanyaan tentang kinerja, kompetensi, dan keterampilan karyawan. Meski sederhana, metode ini mungkin tidak memberikan penilaian yang menyeluruh.

Insiden kritis: Pemberi kerja membuat catatan yang merinci contoh perilaku positif dan negatif di antara karyawan. Pendekatan ini membantu untuk mengidentifikasi tren dalam kinerja karyawan.

Tujuan Performance Review

Tujuan utama dari perfomance review adalah untuk mengukur kinerja karyawan dan memberikan umpan balik untuk pengembangan dan peningkatan kinerja. Berikut adalah beberapa tujuan perfomance review:

  • Untuk memahami upaya karyawan apakah sesuai dengan tujuan perusahaan.
  • Mengidentifikasi area pengembangan karyawan. Umpan balik konstruktif mendukung perkembangan karyawan dan pencapaian tujuan karier.
  • Untuk membahas perencanaan karier karyawan.

Tips Mempersiapkan Performance Review di Tempat Kerja

  1. Siapkan catatan dan dokumentasi. Catat permasalahan dan tujuan untuk diskusikan, termasuk kekuatan dan kelemahan Anda. Sertakan contoh pencapaian dari tinjauan sebelumnya.
  2. Evaluasi diri. Lakukan evaluasi kinerja Anda selama periode penilaian untuk mempersiapkan diskusi tentang keterampilan, tujuan, dan kekuatan Anda.
  3. Tulis pertanyaan. Tulis pertanyaan tentang proyek, proses, atau hal-hal lain yang ingin Anda ketahui.
  4. Tetapkan ekspektasi. Pastikan Anda dan manajer Anda memiliki pandnagan yang sama tentang apa yang diharapkan dari Anda.

***

FF/NAH

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x