Pentingnya Etika Bisnis Diterapkan Oleh Pelaku UMKM

Selasa, 16 Januari 2024 | 08:00 WIB

Ilustrasi Etika Bisnis Pelaku UMKM (Kompas.com)

LINK UMKM - Dalam menjalankan sebuah UMKM (Usaha Kecil dan Menengah) pelaku UMKM perlu memahami istilah “Etika Bisnis”. Dilansir dari buku Pengantar Etika Bisnis oleh Gilad James, etika bisnis mengacu pada standar pedoman dan prinsip etika yang menginformasikan, mengatur perilaku dan praktik individu serta organisasi di dunia bisnis maupun perusahaan.

Dilansir dari Kompas.com, etika bisnis diartikan sebagian sikap atau perilaku yang baik yang dimiliki oleh pelaku UMKM dalam menjalankan sebuah bisnisnya, etika bisnis diimplementasikan oleh pelaku UMKM bertujuan agar pelaku UMKM memahami bahwa etika bisnis sangat berpengaruh besar pada sebuah bisnis maupun usaha yang dijalankan, berikut contoh etika dalam berbisnis:

1. Mengedepankan Attitude Kepada Konsumen

Bersikap ramah, yang dimana pelaku UMKM bersikap tersenyum, dan menyapa konsumen terlebih dahulu, menanyakan apa yang dibutuhkan dan mendengarkan serta mencatat setiap permintaan dan kebutuhan konsumen tersebut sehingga konsumen akan merasa diperhatikan oleh pelaku UMKM.

2. Mengutamakan Kejujuran Kepada Konsumen

Bersikap jujur dalam melakukan sebuah usaha, seperti contohnya pelaku usaha memakai komposisi produk dengan bahan berkualitas dan juga tidak melakukan kecurangan pada harga yang dinaikkan dari harga aslinya, karena ketika pelaku UMKM mengimplementasikan sikap jujur saat menjalankan usahanya, hal ini akan berpengaruh positif pada loyalitas konsumen yang dimana konsumen akan terus-menerus melakukan pembelian secara ulang pada usaha tersebut.

3. Menghormati dan Peduli Kepada Konsumen

Bersikap menghormati dan peduli terhadap konsumen, seperti contohnya tidak membeda-bedakan konsumen dari segi aspek yang dimana pelaku UMKM menyamaratakan rasa hormat dan peduli kepada semua konsumen baik itu dari semua kalangan.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Sobat LinkUMKM mengimplementasikan etika bisnis dalam menjalankan bisnisnya selain dapat berpengaruh pada loyalitas konsumen, etika bisnis juga berpengaruh terhadap reputasi baik pada usaha, karena jika tidak mengimplementasikan etika dalam bisnis di sebuah usaha, bisa menyebabkan perusahaan/usaha memiliki reputasi yang kurang baik dan mengalami kerugian finansial usaha tersebut.

***

FF/SKA

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x