Bangun Bisnis Cuci Sepatu

Kamis, 30 November 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Mencuci Sepatu (Tempo.co)

LINK UMKM -  Bisnis beragam sekali jenisnya, mulai dari bisnis kuliner, pakaian, hingga bisnis lain sebagainya. Bisnis dapat memberikan penawaran berupa produk ataupun pelayanan kepada konsumen. Salah satu bisnis yang memberikan pelayanan kepada konsumennya adalah bisnis cuci sepatu. Di kota metropolitan, membuka bisnis cuci sepatu bisa menjadi ide yang bagus untuk Sobat LinkUMKM. Sepatu jadi barang penunjang penampilan yang tidak dapat ditinggalkan, sehingga sepatu yang bersih dan wangi akan selalu diperhatikan oleh banyak orang. Dengan begitu bisnis cuci sepatu cukup menjanjikan, jika dilihat dari pentingnya sepatu dan tidak adanya waktu yang diperlukan untuk mencuci sepatu jadi peluang usaha yang menarik. Berikut ini melansir dari Tempo.co informasi mengenai tips memulai bisnis sepatu lengkap:

1. Riset pasar bisnis cuci sepatu

Melakukann riset untuk mengetahui keadaan pasar perlu dilakukan untuk memulai bisnis cuci sepatu. Riset pasar akan membantu Sobat LinkUMKM mengumpulkan berbagai informasi yang lengkap tentang tren, harga dan persaingan yang terjadi pada bisnis cuci sepatu.

2. Menulis rencana bisnis cuci sepatu

Rencanakan bisnis cuci sepatu yang mendetail sebelum memulai kegiatan bisnis. Sobat LinkUMKM dapat mencatat semua rencana dimulai dari target pasar, strategi pemasaran, harga layanan dan sebagainya.

3. Menentukan target pasar

Pengguna sepatu bukan hanya dibedakan berdasarkan jenis kelamin yaitu laki-laki dan perempuan, tapi juga bisa dibedakan berdasarkan umur, pekerjaan dan lainnya. Sepatu juga dapat dibedakan seperti sepatu formal, kasual, kets dan olahraga. Sehingga Sobat LinkUMKM perlu melakukan pengamatan yang mendalam untuk menentukan target pasar yang tepat untuk bisnis cuci sepatu.

4. Mencari sumber modal usaha

Modal perlu disiapkan untuk membangun bisnis cuci sepatu. Bukan cuma di awal membangun tapi juga ketika menjalankan bisnis cuci sepatu nantinya. Sobat LinkUMKM dapat menggunakan modal usaha yang bersumber dari dana pribadi, keluarga, investor ataupun pinjaman dari bank.

5. Menyiapkan peralatan bisnis cuci sepatu

Sobat LinkUMKM juga harus mempersiapkan peralatan yang mendukung untuk mencuci sepatu seperti mesin cuci khusus sepatu, pengering, rak sepatu, sikat sepatu, pewangi, kantong sepatu plastik dan lain sebagainya.

6. Mempromosikan bisnis anda

Promosi juga jadi langkah penting agar bisnis cuci sepatu Sobat LinkUMKM dikenal. Dengan promosi bisnis juga dapat berkembang dan tumbuh menjadi lebih besar. Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk mempromosikan bisnis, seperti diskon, membuat iklan dan lainnya.

***

LMP/PTH

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x