Strategi Branding melalui Company Profile

Rabu, 1 November 2023 | 08:00 WIB

Strategi Branding Melalui Company Profile

LINK UMKM -  Company profile atau profil perusahaan adalah gambaran umum mengenai perusahaan mulai dari visi dan misi sampai sejarah perusahaan yang umumnya bertujuan agar masyarakat dapat mengenal dan mengetahui perusahaan tersebut. Pada kesempatan kali ini, BRI Research Institute mengangkat tema “Strategi Branding melalui Company Profile” pada webinar online khusus untuk Sobat LinkUMKM.

Webinar online berlangsung pada hari Selasa, 31 Oktober 2023, melalui zoom meeting dan siaran langsung di youtube LINKUMKM. Kali ini menghadirkan pemateri terbaik untuk Sobat LinkUMKM belajar dan memahami tentang strategi branding melalui company profile. Bapak Aidil Wicaksono sebagai Managing Director Kaizen Room akan menjadi pemateri webinar online kali ini. Webinar dipandu oleh Fitri Damayanti sebagai moderator, dan mengawalinya dengan sesi foto bersama bersama partisipan yang hadir melalui zoom meeting.

Webinar online selanjutnya memasuki sesi pemaparan materi oleh Bapak Aidil. Pada materi company profile dimulai dengan bagaimana menemukan, membentuk serta menyampaikan, karena akhirnya Sobat LinkUMKM harus dapat menyampaikan dengan baik hal-hal yang ada pada bisnis melalui company profile. Sebelum memasuki materi inti Pak Aidil mengajak semua partisipan yang hadir untuk memilih 2 kata dari banyaknya kata yang sudah ada untuk mengenal lebih jauh tentang diri sendiri. Selain itu, dijelaskan juga dengan jelas hal-hal yang berkaitan pada company profile Sobat LinkUMKM.

Masuk pada inti pembahasan webinar, Bapak Aidil menjelaskan hal-hal dasar yang perlu ada pada company profil. Beliau menyampaikan tidak ada yang benar dan salah, tidak ada kepastian yang mengatur company profile harus a, b dan c. Hal pertama yang harus diperhatikan ketika membuat company profile adalah halaman sampul. Pada bagian ini mencakup nama bisnis & tagline, logo, gambar yang mencerminkan identitas bisnis dan website yang dapat dikunjungi jika sudah dimiliki.

Background atau latar belakang, pada bagian ini membutuhkan cerita dan kondisi untuk menggambarkan perjalanan bisnis secara singkat. Kasih visi dan misi dari usaha Sobat LinkUMKM. Tidak boleh terlewat, Bapak Aidil mengatakan product dan service perlu diperhatikan, deskripsikan keunggulan dari produk Anda dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari konsumen. Achievement/pencapaian, apa saja yang telah diraih oleh bisnis dapat dimuat pada company profile.  Review, ulasan yang bersifat positif atau suka cita dari konsumen sebelumnya untuk mendorong kepercayaan bagi calon konsumen yang akan membeli. Partner, dalam bentuk lembaga yang pernah bekerja sama dengan bisnis Sobat LinkUMKM. Tampilkan kontak, alamat fisik, alamat email, dan situs website yang dapat dihubungi ataupun dikunjungi. Lampiran, mencakup dokumentasi, sertifikat pendukung, brosur dan lainnya.

Di akhir sesi Bapak Aidil menunjukkan beberapa contoh company profile milik UMKM kepada partisipan yang hadir untuk memberikan gambaran secara singkat bagaimana contoh company profile yang sudah dijelaskan pada materi sebelumnya. Setelah sesi pemaparan materi selesai, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab secara singkat yang dipimpin oleh moderator.

Setelah sesi tanya jawab, webinar dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai platform LINKMKM oleh Mas Ilham Nurinsan. Materi mencakup fitur-fitur yang dapat digunakan di dalamnya dengan jelas. Pada akhir webinar online ditutup dengan kuis menarik dilanjutkan pengumuman pemenang foto terunik, penanya terbaik dan kuis webinar yang berhak memenangkan hadiah.

***

LMP/PTH

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x