Sudah 2023 Tapi Tidak Tahu Unsur Komunikasi Bisnis
Senin, 13 November 2023 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Komunikasi, bukan sekedar untuk bersosialisasi antar manusia. Komunikasi dapat berguna untuk kelangsungan kerjasama pada sebuah bisnis. Komunikasi bisnis adalah suatu cara untuk bertukar informasi, ide serta gagasan antara individu atau kelompok untuk membahas tentang bisnis. Tujuan dari komunikasi bisnis ini adalah terciptanya hubungan yang baik dalam bisnis, dengan menjaga hubungan yang baik dengan konsumen, investor, pemerintah dan pihak lain yang berkaitan akan membuat kegiatan bisnis berjalan dengan lancar. Melansir dari Kompas.com komunikasi dalam berbisnis memiliki beberapa unsur tertentu diantaranya:
- Memiliki tujuan
Dalam komunikasi bisnis Sobat LinkUMKM perlu adanya tujuan dan tujuan tersebut harus sejalan dengan organisasi. Dalam tujuan tersebut dalam bersifat formal atau informal, tetapi tidak bersifat sosial, terkecuali untuk memenuhi tujuan utama organisasi.
- Pertukaran
Interaksi antar individu memungkinkan untuk saling bertukar informasi maupun pesan yang berkaitan dengan bisnis, yaitu komunikator atau pemberi pesan dan komunikan atau penerima pesan. Dengan saling bertukarnya informasi Sobat LinkUMKM akan mendapatkan pengalaman dan cerita yang dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran dalam menjalankan bisnis.
- Gagasan, opini, informasi dan instruksi
Adanya komunikasi bisnis juga terdapat berbagai bentuk pesan yang dapat disampaikan. Pesan tersebut digunakan pada bisnis untuk menyampaikan tujuan, situasi dan kondisi bisnis.
- Saluran pribadi atau non-pribadi
Saluran pribadi atau non-pribadi tergantung pada tujuan dilakukannya komunikasi bisnis. Sobat LinkUMKM dapat mengetahui hal tersebut dengan melihat jangkauan yang disampaikan melalui pesan, untuk beberapa orang saja atau pada banyak orang dalam waktu yang sama.
- Simbol atau sinyal
Dalam komunikasi bisnis terdapat simbol atau alat yang dipakai dalam bertukar pesan yang biasanya hanya dipahami oleh pengirim pesan dan penerima pesan saja. Untuk simbol dapat bersifat positif maupun abstrak, sementara sinyal berbentuk verbal maupun nonverbal. Faktor penting dalam simbol atau sinyal ini adalah bagaimana cara memahami dan mengartikan informasi tersebut dengan benar.
- Mencapai tujuan organisasi
Unsur terakhir adalah untuk membedakan tujuan yang dibuat oleh manajemen lembaga formal dengan manajemen lembaga informal.
***
LMP/PTH