Berikan Momen Yang Berkesan

Selasa, 17 Oktober 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Pelayanan Yang Berkesan (Kumparan.com)

LINK UMKM -  Sebuah momen ketika berbelanja jadi kesan yang dapat diingat seorang pelanggan. Momen tersebut akan selalu diingat dan diceritakan kepada semua orang. Sehingga suatu bisnis harus dapat memberikan momen yang berkesan ketika pelanggan berkunjung dan membeli di toko bisnis. Momen tersebut akan membuat pelanggan datang lagi dan lagi ke bisnis Sobat LinkUMKM untuk sekedar berkunjung atau membeli sesuatu. Ada 6 cara menciptakan wow momen agar berhasil mendapatkan pelanggan yang loyal dilansir Kumparan.comi:

1. Berdayakan karyawan membuat keputusan “wow” di tempat tanpa harus mendapatkan persetujuan manajer

Meski sepele, hal ini penting dilakukan. Seringkali pelanggan dihadapkan dengan kondisi yang tidak mengenakkan. Contohnya mengajukan keluhan dan karyawan seringkali menghindar dengan alasan perlu berkonsultasi dengan manajer yang bertugas. Namun, hal tersebut akan membuat pelanggan kesal. Maka demikian agar Sobat LinkUMKM memberikan kebebasan karyawan dalam menangani masalah kecil. Yang berarti bisnis Sobat LinkUMKM harus memiliki karyawan yang memiliki keterampilan yang memadai, sehingga karyawan dapat mudah menciptakan momen yang berkesan tanpa campur tangan manajemen.

2. Mengakui dan memuji upaya karyawan yang berusaha membuat kagum pelanggan

Tidak lupa untuk memberikan penghargaan pada karyawan yang dapat menciptakan momen berkesan pada pelanggan. Itu dilakukan untuk karyawan termotivasi dan tidak malas dalam memberikan pelayanan yang terbaik.

3. Dorong karyawan untuk mengantisipasi kebutuhan pelanggan

Terkadang pelanggan tidak mengatakan keinginan mereka, bisa saja pelanggan merasa malu, takut terlihat kurang pandai atau tidak tahu karyawan yang bisa membantu. Karena hal itu penting untuk berusaha memenuhi kebutuhan dan keingin yang tidak diungkapkan pelanggan, caranya memberikan pelayanan yang proaktif untuk menciptakan momen berkesan yang efektif.

4. Peka terhadap waktu yang tepat untuk membuat pelanggan kagum

Perhatikan situasi yang tepat, tidak semua hal diperlukan interaksi dengan pelanggan. Seperti pelanggan yang sibuk menelpon dan terlihat terburu-buru kurang cocok untuk diajak mengobrol.

5. Ingat bahwa tidak semua wow momen adalah hasil dari tindakan yang rumit

Momen berkesan dapat tercipta dari hal kecil, contohnya obrolan secara empati dan membangun hubungan emosional melalui percakapan dengan pelanggan.

6. Merekrut karyawan yang tepat

Terakhir adalah merekrut karyawan yang tepat, karena kunci dari momen berkesan tersebut. Pilih karyawan yang dapat menunjukkan kehangatan, empati, kerja tim, kesadaran sosial dan rasa optimis.

***

LMP/PTH

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x