Pengertian Marketing dan Manfaatnya
Minggu, 26 Februari 2023 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Marketing adalah bagian penting dari bisnis. Butuh kreatifitas, kemampuan analisis dan interpretasi data, serta pelengkap lainnya untuk mendorong hasil yang maksimal. Ini merupakan area yang dinamis, terlebih lagi di tengah semakin majunya era digital. Itulah mengapa penyusunan strategi marketing juga tidak dapat sembarangan. Anda memerlukan acuan dasar atau marketing framework.
Marketing framework mempermudah proses perencanaan sampai implementasi strategi nantinya, termasuk membuat kerja setiap orang di dalam tim menjadi lebih efisien. Ini karena model yang jelas berarti akan memberikan gambaran kerangka kerja yang sesuai. Dengan begitu, bisnis bisa benar-benar mencapai hasil yang diinginkan.
Lalu, apa itu marketing framework dan manfaatnya bagi bisnis Anda? Mari simak penjelasan yang dilansir dari Kompas.id, berikut ini!
Mengenal Apa itu Marketing Framework
Marketing framework merupakan rincian tentang bagaimana Anda menyusun dan mengimplementasikan strategi marketing. Seperti kerangka yang membentuk sebuah bangunan. Penggunaannya akan memperjelas langkah-langkah yang harus dilakukan. Di dalamnya termasuk soal menyampaikan pesan ke audiens, interaksi dengan mereka, sampai ke strategi meningkatkan penjualan. Intinya, ini adalah kerangka kerja yang akan Anda gunakan untuk mencapai tujuan marketing. hasilnya dapat berupa template atau visual yang akan dicapai tersebut.
Bergantung pada skala bisnis Anda, strategi pemasaran memang bisa menjadi cukup kompleks. Namun, dengan framework yang tepat, Anda sudah selangkah lebih maju karena adanya acuan untuk memastikan rencana hingga implementasi berhasil.
● Manfaat Marketing Framework
Marketing framework adalah faktor esensial yang turut menentukan keberhasilan sebuah bisnis. Memiliki framework adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa setiap orang tahu apa yang perlu mereka lakukan untuk memperoleh hasil maksimal. Berbagai manfaat lain yang bisa didapatkan adalah:
- Memiliki template, alat, dan panduan untuk berbagai rencana pemasaran
- Memudahkan proses pembagian dan delegasi tugas kepada seluruh tim terkait, termasuk lebih mudah untuk memindahkan orang dari satu peran ke peran lainnya.
- Memfasilitasi pengembangan kinerja
- Hemat waktu dengan membatasi "pengulangan". Menghilangkan pekerjaan yang sia-sia
- Membantu memahami bisnis dengan lebih baik
- Memungkinkan tim untuk membandingkan berbagai strategi dan menentukan rute terbaik
- Memprediksi perilaku pelanggan dan pendapatan yang akan Anda dapatkan.
***
GN/BS