Instagram untuk UMKM Digital Marketing Super Simple

Jumat, 20 Januari 2023 | 08:00 WIB

ilustrasi instagram (freepik/wichayada)

LINK UMKM - Intagram menjadi salah satu platform media sosial yang sudah banyak digunakan, tidak hanya sebagai saluran branding usaha atau bisnis, tetapi juga sebagai alat untuk meningkatkan pendapatan. Intagram membantu para pengusaha dalam menciptakan, mengelola, serta memoles brand image di mata khayalak umum. Instagram juga membantu bisnis dalam menciptakan awareness dan buzz yang meningkatkan kesempatan brand terlihat dan dikenali oleh banyak orang. Kini instagram sudah sangat digunakan baik oleh perusahaan besar maupun usaha kecil, bahkan UMKM yang baru memulai usahanya.

Sebagai platform media sosial yang terkenal sebagai tempat berbagi foto dan video, instagram menjadi tempat yang sangat cocok bagi para pengusaha untuk mengupload foto dan video terbaik dari produk-produknya. Sebesar 40% orang lebih mudah merespon informasi-informasi visual daripada informasi berbentuk teks. Bangunlah interaksi dengan mengunggah foto atau video ke akun intagram usaha. Rata-rata brand besar mengmpulkan sekitar 37 interaksi per seribu folowers ketika mengunggah foto, dan rata-rata 24 interaksi ketika mengunggah video. Ciptakan ruang bagi netizen untuk menyukai dan berkomentar pada postingan intagram agar engagement terhadap akun sosial media bisnis semakin besar.

Dilansir dari kompas.com Salah satu jenis konten yang menarik perhatian banyak orang orang adalah konten-konten behind the scenes. Konten-konten jenis ini menarik perhatian banyak orang karena mereka akan merasa seolah melihat momen-momen di balik proses suatu hal yang penting. Banyak orang ingin tahu hal apa yang terjadi di balik panggung, berbagai hal yang membentuk dan menghasilkan suatu produk yang mereka kenal. Selain itu konten-konten ini seringkali menampilkan orang-orang yang terlibat dalam suatu proyek, interaksi-interaksi yang terjadi akan memberikan kesan kerja sama tim dan bahkan kekeluargaan yang tentu saja akan semakin menarik untuk disimak. 

Selain konten behind the scenes, jenis konten lainnya yang sangat cocok untuk diunggah ke akun instagram bisnis adalah jenis konten making of. Mungkin sekilams konten ini terlihat mirip dengan konten behind the scenes, tetapi konten ini lebih berfokus pada proses terciptanya suatu produk. Konten jenis ini berisikan serangkain proses pembuatan produk yang dipersingkat ke dalam bentuk video atau karousel foto dengan penjelasan singkat mengenai setiap prosesnya. Jenis konten ini dapat membentuk kepercayaan masyarakat terhadap brand kita karena berani menunjukkan proses pembuatan produk. Selain itu konten ini juga bisa menunjukkan keunikan dari brand kita.

***

(GH/EBE)

Saat ini mungkin banyak perusahaan atau konten kreator yang mengejar satu hal ketika mengunggah konten ke platform media sosial, hal tersebut adalah menjadi “viral”. Istilah ini menggambarkan fenomena di mana suatu konten menjadi perbincangan banyak orang, menarik traffick yang begitu tinggi dan menciptakan interaksi yang tak terhitung banyaknya. Ketika suatu konten menjadi viral, terjadi pergesaran pada algoritma sehingga akan banyak konten-konten serupa yang direkomendasikan ke beranda atau laman pencarian banyak orang. Ombak inilah yang hendak diciptakan oleh banyak perusahaan besar atau para konten kreator, tentu saja berkat arus ini tingkat engagement terhadap akun sosial usaha akan meningkat jauh lebih tinggi. Hingga saat ini tidak ada formula pasti dalam membuat konten viral, ada banyak faktor seperti ide, momentum dan keberuntungan yang saling terhubung dalam menghasilkan konten yang viral. Namun, tetap buat konten terbaik dengan belajar pada trend dan bisa saja konten yang dihasilkan dapat viral.

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x