Netiket: Etika Berkomunikasi Secara Online
Selasa, 19 September 2023 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Metode komunikasi yang digunakan oleh manusia telah berkembang dengan cukup cepat. Pada awalnya ketika manusia mulai berkomunikasi dengan bahasa isyarat hal terpenting yang diperhatikan dalam berkomunikasi adalah pesan yang disampaikan. Pesan menjadi hal penting yang paling tidak harus dapat terseampaikan dalam kegiatan komunikasi antar individu ataupun kelompok. Seiring dengan berkembangnya metode momunikasi manusia mulai menggunakan metode-metode komunikasi yang lebih modern hingga saat ini kita telah menggunakan alat-alat komunikasi yang sudah sangat maju. Salah satu saluran komunikasi yang ita gunakan adalah internet. Komunikasi melalui internet sungguh amat berbeda dibandingkan lewat metode lainnya.
Pesan yang kita kirimkan secara instan diterima oleh orang lain tanpa ada halangan jarak dan waktu. Komunikasi lewat internet terasa jauh lebih mudah dan menyenangkan, tetapi ada satu hal lainnya yang tidak kalah pentingnya dibanding pesan atau informasi yang kita sebarkan. Hal tersebut adalah etika atau dalam dunia internet disebut juga sebagai netiket. Netiket secara sederhana dapat dimaknai sebagai sopan-santun atau tatakrama dalam berkomunikasi menggunakan media internet. Netiket menjadi penting untuk diperhatikan karena jejak internet atas segala pesan yang kita sebarkan akan selalu ada dan dapat diakses oleh semua orang, maka penting untuk menaati etika dalam berkomunikasi menggunakan internet sehingga pesan yang kita tinggalkan tidak menyinggung orang lain ataupun merugikan kita di masa yang akan datang.
Netiket yang diterapkan dalam berkomunikasi lewat internet tidaklah jauh berbeda dengan etika komunikasi verbal dan non verbal baik langsung maupun tidak langsung. Ada beberapa penyesuaian terhadap gaya berkomunikasi dengan menggunakan internet. Contoh-contoh netiket dapat ditetapkan oleh IEFT (The Internet Enginnering Task Force) dapat dijelaskan sebagai berikut:
- Jangan terlalu banyak mengutip
Apabila kita hendak mengutip pesan dari sumber lain, usahakanlah untuk menghilangkan bagian-bagian lain yang tidak perlu dan hanya mengutip hal yang relevan saja.
- Perlakukan email secara pribadi
Email atau pesan yang dikirimkan oleh orang lain kepada kita secara pribadi hendaknya dibalas atau dibahas secara pribadi pula. Jangan mengirim jawaban atau membahas email pribadi di dalam forum umum.
- Hati-hati dalam menggunakan huruf kapital
Penggunaan huruf kapital haruslah diperhatikan secara seksama. Huruf kapital kadang memberikan kesan marah, sehingga kita perlu hati-hati apabila menggunakan huruf kapital dalam pesan kita. Sebaiknya huruf kapital digunakan jika ingin menegaskan poin atau pesen tertentu saja.
- Jangan membicarakan orang lain
Jangan membicarakan orang lain apalagi kejelekannya dalam forum atau email pribadi kita. Pesan yang kita kirimkan dapat dilacak ataupun diteruskan tanpa sepengtahuan kita sehingga jangan sampai apa yang tidak ingin orang lain ketahui justru dapat diakses dengan leluasa oleh banyak orang.
- Jangan menggunakan CC
Jika kita hendak mengirimkan email kepada banyak orang, jangan cantumkan nama atau alamat email orang-orang tersebut pada kolom CC. Banyak orang tidak suka apabila nama atau alamat emailnya dicantumkan dalam email lain selain emailnya sendiri, sehingg alangkah lebih baik kita mengirimkan email kepada banyak orang secara sendiri-sendiri tanpa menautkan akun banyak orang sekaligus.
***
GH/EBE