Mengenal Sedikit Konsep Marketing Dalam Dunia Bisnis di Era Digital

Kamis, 21 April 2022 | 16:00 WIB

Mengenal Sedikit Konsep Marketing Dalam Dunia Bisnis di Era Digital

LINK UMKM -

Di era digital seperti saat ini, marketing memiliki berkontribusi besar terhadap kesuksesan suatu bisnis. Bahkan tak jarang strategi marketing disebut-sebut sebagai kunci sukses penjualan suatu produk.

 

Terlebih perkembangan dunia bisnis saat ini membuat proses marketing pun berkembang. Salah satunya bisa kita lihat dengan hadirnya marketing online.

 

DIlansir dari Kumpara, Marketing merupakan salah satu istilah dalam dunia bisnis yang memiliki banyak definisi. Pada dasarnya, marketing adalah serangkaian proses yang dilakukan untuk memasarkan produk atau mengenalkan produk pada masyarakat dengan berbagai pendekatan. 

 

Definisi marketing yang luas menjelaskan bagaimana proses marketing itu sendiri. Prosesnya tidak hanya bagaimana menjual produk, tapi juga dari awal proses pengembangan produk. 

 

Ini mencakup pada pengelompokan produk, menentukan permintaan pasar, memutuskan harga yang ditawarkan, dan memilih saluran distribusi. Hal ini juga termasuk mengembangkan dan menerapkan strategi promosi.

 

bagi kamu yang memiliki bisnis, wajib mengetahui apa saja konsep dasar marketing, yang terdiri dari produksi, produk, penjualan, dan pemasaran.

 

  1. Produksi

kamu harus bisa meneliti dan mengenali produk apa yang sedang diminati oleh pasar. Kamu bisa melakukan pengamatan secara langsung di lapangan. Selidiki juga mengenai harga yang beredar di pasaran. Ini bisa menjadi acuan produk apa yang harus diproduksi oleh perusahaan.

 

  1. Produk

Tidak ada konsumen yang mau menggunakan produk yang buruk. Oleh karena itu, perlu ada peningkatan produk. Produk dengan kualitas yang baik juga menjadi nilai tambah tersendiri dibanding dengan pesaing. Kualitas produk juga bisa menjadi ciri khas bagi perusahaan.

 

  1. Penjualan

Kegiatan ini dilakukan untuk mengenalkan produk kepada target pasar. Pikat target pasar dengan berbagai strategi pemasaran yang terencana dengan baik. Misalkan dengan memberikan bonus atau diskon.

 

  1. Pemasaran

Konsep ini merupakan konsep lanjutan dari konsep penjualan. Tujuannya adalah terpenuhinya kebutuhan pasar. Kepuasan konsumen jadi hal terpenting dalam konsep ini. Kebutuhan pasar terpenuhi bila berhasil memenuhi keinginan target pasar.

RZ/MG

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x