Ini Bahayanya Jika Kamu Memberikan Diskon Terlalu Berlebihan
Jumat, 15 April 2022 | 16:00 WIB
LINK UMKM -
Dalam sebuah strategi bisnis, penggunaan diskon terbilang cukup umum dan efektif. Pemberian diskon dianggap mampu menarik perhatian dari calon pelanggan.
Kamu mungkin menganggap semakin banyak diskon yang diberikan, semakin banyak pula calon konsumen yang akan tertarik, sedangkan kenyataannya adalah tidak sepenuhnya benar.
Memberikan diskon adalah strategi yang paling masuk akal jika dilihat dari perspektif pemasaran dan penjualan, terutama saat kamu mengalami penurunan omset.
Tentunya diskon memang sangat ampuh untuk menarik perhatian calon pelanggan, namun tahukah Anda bahwa mengurangi harga atau memberikan diskon dapat menghambat pertumbuhan bisnis?
Mengapa demikian? dilansir dari kumparan.com, berikut adalah enam alasan mengapa memberikan diskon terlalu berlebihan akan merugikan Anda dikemudian hari:
- Terlalu Banyak Penekanan Pada Harga
Dengan menawarkan diskon, fokus utamanya adalah pada harga daripada produk atau layanan. Jika satu-satunya keunggulan kompetitif yang dimiliki adalah harga, bisnis kamu berada dalam masalah besar.
Pencocokan harga telah menjadi hal biasa, jadi kamu harus bergantung pada tingkat kualitas dan layanan untuk membuatnya berada dalam ekonomi konsumen-sentris saat ini.
- Perang Harga
Penawaran diskon dapat mengakibatkan perang harga dengan kompetitor, dan perusahaan besar hampir selalu memenangkan perang ini karena mereka memiliki dukungan finansial yang cukup untuk bertahan dalam jangka waktu panjang.
Apabila kamu merupkan seorang pemain baru di bidang bisnis, tentunya hal ini adalah perkelahian yang tidak ingin kamu lakukan.
- Kesan yang Salah di Mata Pelanggan
Ketika sebuah perusahaan menawarkan diskon kepada pelanggan mereka, mereka mengambil risiko besar untuk mendevaluasi layanan mereka.
Pelanggan bisa mendapat kesan bahwa layanan yang ditawarkan tidak layak untuk dibayar dengan harga mahal.
Memberikan diskon juga terkadang menciptakan anggapan bahwa harga yang ditawarkan bersifat tidak tetap, dan bisa mengalami penurunan.
- Dampak Negatif Terhadap Keuntungan
Jika pesaing melakukan penyesuaian dengan harga diskon yang ditawarkan, maka kamu tidak hanya kehilangan keuntungan, namun konsumen juga akan tetap mengharapkan hasil layanan berkualitas tinggi dengan harga diskon secara terus menerus.
Ditambah lagi, jika kompetitor memang menawarkan harga yang lebih rendah, hal ini akan membuat keuntungan yang didapat berkurang secara permanen.
- Membeli Barang Secara Bulk
Bagi perusahaan yang berfokus pada pemberian harga diskon kepada konsumen, maka risikonya adalah konsumen mungkin akan membeli sebanyak mungkin produk di saat harga diskon.
Tentunya hal ini berdampak negatif terhadap keuntungan masa depan karena konsumen kamu tidak perlu membeli lagi begitu menaikkan diskon, mereka sudah memiliki stok barang yang cukup.
- Dampak Negatif Terhadap Kualitas
Seperti yang dinyatakan di atas, menawarkan diskon dapat menyebabkan perusahaan tidak memiliki pilihan selain memberikan lebih banyak produk atau layanan dalam waktu singkat.
Hal ini dapat menyebabkan penurunan kualitas untuk menyelesaikan semuanya tepat waktu. Semakin rendah kualitasnya, semakin besar kemungkinan perusahaan kehilangan kredibilitas dan mendapatkan reputasi buruk.
RZ/MG