Mahasiwa UNS Raih Juara Gagas Ide Bisnis Snack Ikan Kembung
Minggu, 27 Februari 2022 | 17:00 WIB
LINK UMKM - Mahasiswa didorong untuk mengembangkan pengetahuan dan kreativitas melalui berbagai lomba atau kempetensi. Berbagai inovasi dan ide menarik dari para mahasiswa pun banyak yang meraih juara baik di tingkat nasional maupun internasional.
Sama halnya dengan ide unik mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang menggagas sebuah bisnis snack dengan bahan ikan kembung.
Rancangan bisnis snack bar ikan kembung ini pun sukses meraih juara 2 pada ajang Marine and Fisheries Business Model Canvas Competition 2021.
Kompetisi ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknologi Hasil Perikanan (Himasilkan) Institute Pertanian Bogor (IPB). Tim kembung yang menjadi perwakilan UNS beranggotakan Naya Nulina Citawara, Nimas Suci Kusuma, dan Indah Khoirunnisa.
Ketua tim Naya mengatakan, konsep produk dari paper business yang mereka buat berjudul ‘FishBar – Snack bar Ikan Kembung sebagai Diversifikasi Hasil Laut Lokal yang Kaya Manfaat’.
Rancangan produk ini dipilih tim kembung karena dilatarbelakangi potensi perikanan di Indonesia sangat besar, termasuk ikan kembung. Mereka mencermati bahwa potensi dari ikan kembung belum terolah secara maksimal. Padahal, ikan kembung ini memiliki harga yang murah.
Kajian literatur yang telah dilakukan menunjukkan, kandungan gizi ikan kembung hampir menyamai ikan salmon. Selain itu, ikan kembung juga memiliki nilai autentik bagi masyarakat Indonesia.
“Ini berarti perikanan lokal yang bis akita buat suatu produk, lalu dikemas secara praktis, murah, ekonomis, dan sehat,” kata Naya seperti dikutip adri laman UNS, Minggu (2/1/2022).
Hadir dalam bentuk makanan ringan membuat konsumsi fish bar lebih praktis dan dapat menjangkau segala usia. Dari hasil kajian literatur, tim kembung UNS memprediksi bahwa fish bar rendah kalori dan kandungan gizinya juga dapat memenuhi kebutuhan gizi orang dewasa.
Mereka juga mencermati tantangan dari bisnis ini, bagaimana produk fish bar dapat disandingkan dengan prduk-produk snack bar yang sudah ada. Namun, tim kembung juga punya tantangan lain yakni mempertahankan rasa asli dan menghilangkan amis dari ikan.
“Harapan saya, fish bar bisa direalisasikan dan bisa dikembangkan lebih dalam lagi. Kami bisa perkaya risetnya terlebih dahulu untuk mempersiapkan pengembangan produknya,” tutup Naya.