Kisah sukses Bittersweet by Najla Pelopor Dessert Box di Indonesia
Senin, 15 November 2021 | 14:05 WIB
LINK UMKM - Bittersweet by Najla merupakan sebuah bisnis yang berawal dari bisnis rumahan. Founder dan owner dari Bittersweet by Najla yaitu Najla Farid Bisyir atau lebih akrab disapa Ala membuat suatu inovasi yaitu dessert box yang awalnya belum ada di Indonesia. Tetapi di awal usahanya Bittersweet by Najla tidak menyajikan dessert box, melainkan menyajikan produk cinnamon roll. Najla memulai bisnisnya dengan berjualan online, dikarenakan faktor modal yang minim, Najla mengaku dirinya tidak menyangka kalau bisnisnya bisa laris manis.
Setelah 4 bulan pertama usaha, Najla belajar untuk mengambil certified baker di Singapura dan Malaysia. Selama ia belajar, Bittersweet by Najla harus tutup 3-4 bulan. Namun, hal ini sepadan dengan ilmu sekaligus ide-ide baru yang kemudian ia terapkan sepulang ke tanah air, termasuk ide dessert box.
Bittersweet by Najla mulai popular dimasyarakat karena sang founder rajin dalam melakukan endorsement ke selebgram dan seleb Tiktok yang meningkatkan awareness dan mendapatkan respon pasar yang positif. 90% penjualan juga berasal dari online / jasa food delivery seperti GoFood dan GrabFood.
Sudah berdiri selama 3 tahun, setiap bisnis pasti memiliki rintangan tersendiri, tetapi Najla selalu memiliki ide untuk survive, Najla dan tim selalu mengikuti trend yang ada. Seperti saat tiktok mulai naik ratingnya, ia melakukan endorsement ke seleb Tiktok karena ia melihat bahwa Tiktok merupakan pasar usahanya yang didalamnya banyak generasi milenial, kini Bittersweet by Najla memiliki 8 outlet yaitu di kemang, kalibata, radio dalam, sunter, rawamangun, bogor, depok, bali, dan juga memperluas pasar lewat kafe yang Instagramable. Kini, bittersweet by Najla bisa melakukan lebih dari 100 dessert box perharinya. Bittersweet by Najla juga mengembangkan ide-ide baru juga inovasi produk.