3 Alasan Mengapa Mengevaluasi Ide Bisnis
Sabtu, 27 Februari 2021 | 16:00 WIB
LINK UMKM - Ide dalam berbisnis bisa bergerak liar. Untuk itu perlu gagasan dan evaluasi untuk menerjemahkan ide bisnis tersebut.
Setidaknya ada tiga alasan mengapa para pelaku UMKM perlu mengidentifikasi ide. Pertama yaitu, untuk menilai potensi dari ide bisnis adalah menentukan siapa target pasarnya. Bangun profil pelanggan ideal berdasarkan pengamatan dan analisis pribadi, riset pasar pihak ketiga, dan umpan balik apa pun yang diterima.
Perhatikan sejumlah fakt seperti usia, jenis kelamin, status pendidikan, tingkat pendapatan, status pernikahan dan juga lokasi target pasar.
Selain itu, penting juga melakukan analisis pasar untuk menentukan seberapa besar pasarnya, seberapa jenuh dengan pesaing, dan apakah ada ruang untuk produk atau layanan. Riset dapat dilakukan melalui survei, atau diskusi kelompok untuk menguji segmen pasar.
Kedua yaitu dengan melakukan riset kompetisi. Sama seperti mengidentifikasi target pasar ideal, sebelum meluncurkan bisnis perlu juga untuk mengetahui siapa kompetit di pasar.
Riset kompetisi dapat dilakukan dengan mengumpulkan infmasi penting kompetit, mengetahui jenis persaingan yang dihadapi, mengidentifikasi keunggulan kompetitif yang dimiliki, dan melakukan analisis kekuatan dan kelemahan.
Langkah ketiga mengapa harus mengevaluasi ide bisnis adalah dengan terkait permodalan atau keuangan.
Ini berarti mengembangkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan seperti berapa biayanya untuk memulai bisnis, dari mana asal modal awal, apa potensi penghasilan dari bisnis setelah beroperasi, dan lainnya.
Melakukan analisis keuangan akan membantu menetapkan data keuangan di pasar, dan mempertimbangkan sumber potensial untuk mendapatkan penghasilan, investasi, dan kredit yang tersedia untuk bisnis.
RZ/QQ