Tips Sukses Bisnis Jasa Titip Beli Barang

Sabtu, 23 April 2022 | 12:00 WIB

Ilustrasi jasa titip beli barang (Pixabay)

Link UMKM -  Anda punya hobi belanja? Jadikan hobi Anda lebih produktif untuk menghasilkan keungtungan. Anda bisa tetap menyalurkan hobi berbelanja dengan menjalankan bisnis jasa titip beli barang.

Peluang bisnis terbuka lebar karena masih banyak orang yang malas atau tidak sempat belanja sendiri. Mereka lebih memilih menggunakan jasa orang lain untuk membelikan produk yang diinginkan.

Berikut tips sukses berbisnis jasa titip beli barang:

1. Jenis produk
Sebelum memulai bisnis jasa titip beli, Anda harus menentukan jenis produk yang bisa dititip untuk dibeli. Ini akan membantu Anda dalam menentukan target pasar.

Misalnya Anda fokus pada jasa titip beli pakaian wanita branded di Jakarta, berarti Anda hanya menerima pesanan dengan kriteria seperti itu. Target pasarnya pembeli kalangan menengah ke atas.

Atau Anda ingin fokus pada jasa titip beli pakaian anak-anak bermerek, Anda tinggal menyesuaikan target pasarnya. Dengan menentukan jenis produk akan memudahkan Anda dalam melakukan promosi.

2. Menarik pembeli
Kunci sukses dalan bisnis jasa titip adalah kepercayaan. Kerana itu, Anda harus membangun kepercayaan pembeli. Anda bisa memulai menawarkan jasa titip kepada orang-orang yang Anda kenal, seperti kerabat dan teman kerja.

Setelah itu, Anda bisa melakukannya kepada orang yang belum Anda kenal. Anda akan lebih mudah meyakinkan mereka jika bisa menunjukkan bukti sudah ada beberapa orang yang memanfaatkan jasa yang Anda.

3. Promosi
Anda bisa memanfaatkan website e-commerce serta media sosial seperti Instagram dan Facebook untuk mempromosikan jasa titip beli. Tentu saja, Anda harus rajin melakukan promosi secara online sehingga peluang Anda untuk mendapatkan pembeli semakin besar.

4. Tarif jasa wajar
Dalam menjalankan bisnis titip beli, Anda harus transparan dengan menginformasikan harga asli barang dan berapa tarif jasa yang dikenakan untuk setiap item. Tetapkan tarif yang wajar misalnya sekitar 5-10 persen per item dari harga barang.

Tarif jasa yang wajar akan semakin meningkatkan kepercayaan pembeli. Bukan tidak mungkin mereka akan merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain.

5. Sistem pembayaran di awal
Sistem pembayaran ini untuk menghindari kerugian yang mungkin terjadi. Dengan sistem pembeyaran di awal akan meminimalisasi pembatalan sepihak pemesanan barang yang sudah Anda beli. Sistem pembayaran ini juga menjadi solusi bagi Anda yang memiliki keterbatasan modal.

6. Riset tren di pasaran
Dalam menjalankan bisnis jasa titip beli, Anda bisa menjemput bola, dalam arti tidak hanya menunggu pesanan. Lakukan riset produk yang sedang tren dengan cara mengunjungi pusat perbelanjaan dan event sale. Dengan melakukan riset, Anda bisa menawarkan produk terbaru yang sedang menjadi tren.

Komentar (2)

  • DRA RR ENDANG DEWI PUDJOWATI

    30 April 2022 | 15:18:14 WIB

    Yang penting tidak melanggar agama

    1 tahun lalu

  • DRA RR ENDANG DEWI PUDJOWATI

    28 April 2022 | 14:01:15 WIB

    Ide ide komersial yg bagus

    1 tahun lalu

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1274 seconds